Rabu, 16 September 2015

Hidup Sehat Dengan Tempe



Semua orang Indonesia pasti mengenal makanan yang bernama Tempe, tempe merupakan salah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi biji kedelai yang di kombinasi dengan beberapa jenis kapang/ragi Rzhizopus seperti Rhizopus oligosporus. Karena rasanya yang lezat dengan berbagai macam olahannya membuat tempe go-internasional. Dan oleh karena itulah sejak 9 Oktober 2009 tempe telah ditetapkan dalam sebuah Standar Nasional Indonesia dengan nomer SNI 3144:2009. Dalam standar tersebut disebutkan : tempe kedelai di definisikan sebagai produk yang diperoleh dari fermentasi biji kedelai dengan menggunakan kapang Rhizopus sp., berbentuk padatan kompak, berwarna putih sedikit keabu-abuan dan berbau khas tempe.


Setelah tadi di atas sekilas info tentang tempe, maka sekarang kita akan membahas mengenai manfaat makanan unik satu ini. Tempe mempunyai nutrisi yang lebih banyak dibanding olahan produk kedelai lainnya,tempe mengandung kalori, protein, lemak dan protein dua kali lebih banyak dari olahan kedelai lainnya dan tempe mengandung empat kali lebih banyak karbohidrat.
Oleh karena tempe mengandung protein nabati, maka rajin mengkonsumsi tempe akan mengurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh yang tentunya hal ini berkaitan dengan menurunkan kolesterol darah dan membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Hampir di beberapa artikel blog ini membahas mengenai kanker, baik penyebab atau cara menghindari dan menyembuhkan penyakit kanker dengan cara alami dan mudah. Dan ternyata  makan-makanan yang mengandung kedelai (tempe) akan melindungi kita dari penyakit kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus buntu dan dalam sebuah percobaan kultur sel, diperoleh hasil bahwa ekstrak kedelai dapat menekan induksi tumor pada berbagai organ.
Dalam referensi lain dijelaskan tempe baik untuk balita dan anak-anak, rajin mengkonsumsi tempe bisa menyembuhkan infeksi dan penyakit turunan pada anak, karena tempe mengandung antioksidan dan antibiotika. Selain itu juga baik untuk pencernaan karena tempe mengandung enzim pencernaan yang dihasilkan dari ragi.
Selain baik untuk anak-anak,tempe juga baik untuk orang dewasa, salah satu manfaatnya adalah untuk diet, hal ini dikarenakan tempe mengandung protein bebas lemak yang terdiri dari 18 protein dan asam amino. Tempe juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL) dan mengurangi kolesterol penyebab kanker dan membuat jantung tetap sehat. Untuk  menghindari diabetes secara alami dan murah, maka sangat dianjurkan mengkonsumsi tempe, karena tempe mampu mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu juga tempe mampu mengatasi osteoporosis memperlancar pencernaan dan lain-lain.
Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita semua, salam sehat itu mudah dan murah…..

Sumber:
http://manfaat.co.id/20-manfaat-tempe-untuk-kesehatan
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-tahu-tempe-bagi-kesehatan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Tempe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar