Rabu, 13 Mei 2015

Sawi Hijau : Pahit Tapi Bisa Bikin Hidup Manis



Kalau pada edisi sebelumnya kita membahas mengenai manfaat sawi putih, sekarang kita akan membahas mengenai manfaat dari sawi hijau. Sawi hijau mempunyai nama ilmiah Brassica rapa, masih satu kelompok dengan Parachinensis yang merupakan suku dari sawi-sawian. Nama lain dari sawi hijau adalah sawi bakso atau sawi mie ayam yang sangat sering kita jumpai di masyarakat Indonesia. Tumbuhan ini tumbuh subur di dataran rendah atau tinggi, untuk di daerah yang sejuk, tanaman ini akan lebih cepat berbunga dan lebih cepat dipanen, semua bagian bisa dipanen kecuali akarnya.


Di Indonesia sawi ini kurang begitu laris manis dibanding saudaranya sawi putih, pemakaian biasanya hanya untuk sayuran pelengkap bakso, soto atau mie ayam. Mungkin rasanya yang agak sedikit pahit membuat orang malas mengkonsumsi-nya sebagai sayuran untuk makan. Namun kalai kita lihat kandungan gizi dan manfaatnya, saya yakin kita semua akan menyesal telah menganggap remeh kandungan gizi dan manfaat sawi hijau.
Sama seperti tumbuhan hijau lainnya, sawi hijau banyak mengandung vitamin A, Karotenoid, Vitamin K dan Flavanoid. Selain itu sawi hijau mengandung Fitonutrien, dan sawi mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah,hanya 26kkal per 100gram, selain rendah kalori sawi juga rendah lemak namun kaya akan serat. Anti-oksidan juga terkandung dalam sawi hijau, selain itu berbagai macam Vitamin seperti A, C, E juga ada dalam sawi hijau. Berbicara mengenai mineral  sawi hijau mengandung kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium dan mangan.
Seperti sayuran hijau lainnya, sawi mengandung Vitamin K yang cukup tinggi 497mcg per 100gram, hal ini merupakan kebutuhan vitamin K yang sempurna yang dibutuhkan tubuh. Asam folat dalam sawi bakso ini cukup tinggi, 187mcg per 100 gram, hal ini kalau di persentase sekitar 47% dari kebutuhan pokok asam folat oleh tubuh,
Dari uraian dengan kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang terkandung dalam sawi hijau, maka sekarang kita akan membahas mengenai manfaat dari sawi yang mempunyai rasa agak sedikit pahit ini. Karena kandungan serat yang tinggi, sawi hijau sangat cocok untuk mencegah atau mengendalikan kolestrol dalam tubuh dan juga melindungi terhadap wasir, sembelit serta penyakit kanker usus. Alzheimer sekarang sudah tidak asing lagi bagi kita, penyakit ini bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi sawi hijau, karena tumbuhan tersebut mengandung vitamin K dalam jumlah yang sangat besar.
Bagi ibu hamil, rajin mengkonsumsi sawi sangat baik dan dianjurkan karena sawi mengandung asam folat yang baik untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi. Karena kandungan anti-oksidan flavanoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein dan zeaxanthin, sawi hijau bisa dihandalkan untuk melawan kanker prostat, kanker usus, kanker payudara dan kanker ovarium, jadi tidak salah jika kita mulai memasukan sawi dalam daftar sayuran yang wajib dibeli.
Kandungan vitamin A dalam sawi (10500 IU atau 350% dari AKG per 100gram) tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, namun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh sawi hijau cukup bisa dihandalkan, hal ini dikarenakan sawi mengandung vitamin C yang cukup banyak, dalam 100 gram sawi hijau mengandung 70 mcg atau 117% dari kebutuhan  vitamin oleh tubuh, hal ini tentunya sangat baik untuk mencegah masuk virus dan mempercepat penyembuhan.
Namun perlu diingat, sawi hijau tidak cocok untuk penderita ginjal, hal ini dikarenakan sawi hijau mengandung oksalat dalam jumlah banyak. Oksalat yang terlalu banyak dalam tubuh menyebabkan kristalisasi yang menjurus pada terbentuknya batu.  Selain itu kandungan oksalat yang banyak dapat menghambat penyerapan kalsium, selain itu kandungan vitamin C yang tinggi akan mendorong terbentuknya oksalat dalam tubuh. Jadi singkatnya untuk penderita ginjal harap menghindari sawi dan bagi anda yang mengkonsumsi sawi hijau, diharapkan banyak mengkonsumsi air putih sehingga Kristal yang terbentuk dari oksalat dapat dihindari.
Demikian breaking news mengenai sawi hijau, plus minus dari tumbuhan ini semoga dapat membuat kita tidak takut untuk mengkonsumsinya karena kandungan vitamin, nutrisi dan mineralnya sangat baik untuk tubuh. Namun juga harus diingat untuk mengkonsumsinya dalam porsi yang standar dan jangan lupa untuk tetap banyak mengkonsumsi air putih.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sawi_hijau
http://www.7manfaat.com/manfaat-sawi-untuk-kesehatan-tubuh.html
http://www.suplemen.org/manfaat-sayur-sawi-hijau-untuk-kesehatan.php#.VVM3GvCULIU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar