Kamis, 13 Februari 2014

Manfaat Terpendam Ikan Lele

Bisa dipastikan di setiap warung makan, baik yang bintang lima ataupun kaki lima pasti mempunyai menu ikan lele, baik itu lele bakar ataupun lele goreng. Ikan lele adalah ikan yang hidup di air tawar, untuk di Indonesia ikan ini sangat mudah ditemukan. Bahkan hampir disetiap pulau di negeri ini merupakan habitat yang bagus bagi ikan lele. Tidak hanya di Indonesia, ikan lele juga terdapat di luar negeri, di afrika ikan yang mempunyai tubuh yang licin dan agak pipih memanjang serta memiliki kumis ini terkenal dengan nama mali , sedangkan di Thailand ikan ini bernama plamod. Warga Srilangka menyebut ikan lele dengan sebutan magura.
Ikan lele mempunyai nama ilmiah Clarias, istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani yang berarti lincah dan kuat, tentunya nama tersebut merujuk fakta tentang ikan lele yang mempunyai kemampuan untuk tetap hidup dan bergerak di luar air.

Sebuah fakta dilapangan mengungkapkan bahwa ikan lele ini masih dianggap sebelah mata oleh masyarakat Indonesia, menu ikan lele yang ada di warung akan diserbu hanya ketika tanggal tua, dan masyarakat Indonesia masih menganggap ikan lele ini adalah menunya orang-orang kelas bawah. Melihat kondisi tersebut, maka pada kesempatan ini saya akan berusaha memberikan penjelasan mengenai manfaat yang tersebunyi dari ikan lele, informasi tersebut merupakan kombinasi dari berbagai sumber terpercaya yang diintisarikan menjadi sebuah artikel yang menarik. 

Sebuah fakta yang luar biasa tentang lele adalah ikan ini jauh lebih unggul dari produk hewani lainnya, keunggulannya adalah ikan ini mengandung Leusin (C6H13NO2) dan Lisin. Leusin merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan berfungsi menjaga keseimbangan nitrogen. Sedangkan Lisin adalah salah satu dari 9 asam amino ensensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Secara keseluruhan, asam amino berfungsi untuk menyerap kalsium sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak jadi maksimal, selain itu amino berfungsi untuk menjaga nitrogen dalam tubuh dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Selain itu, Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormon, enzim dan pembentukan kolagen.

Dalam sebuah kajian ilmiah tentang ikan lele menyatakan ikan lele mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, kandungan tersebut sekitar 17%, selain itu ikan lele juga memiliki berbagai macam asam lemak esensial yang dapat mencukupi kebutuhan akan asam lemak harian yang berjumlah 9%. Dan sebuah catatan penting lainnya adalah untuk membatasi konsumsi ikan ini karena kandungan kolestrol yang cukup tinggi, ikan ini dianjurkan untuk dikonsumsi maksimal 2 ekor per hari. Dalam sebuah artikel ilmiah yang dilansir oleh Liverstrong menyebutkan beberapa manfaat ikan lele diantaranya : 

Jantung dan otak merupakan organ vital manuasia yang harus kita jaga kesehatannya agar jantung dan otak tersebut dapat bekerja dengan maksimal, dan ternyata kandung omega-3 dan omega-6 dalam ikan lele sama persis seperti kandungan yang terdapat dalam ikan salmon, makarel dan ikan kod. Dalam satu porsi lele menyediakan 220mg asam lemak omega-3 dan 875 lemak omega-6. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak, bahkan American Heart Association menyarankan agar orang-orang memasukan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu, karena kedua nutrisi yang terdapat dalam ikan lele sangat baik untuk jantung dan otak.

Selain itu ikan lele merupakan penyedia asupan protein yang baik, dalam satu porsi tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh anda. Dan ternyata kualitas asam aminom dari ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh anda. 

Tidak hanya hanya asam omega dan protein yang terkandung dalam ikan lele, ternyata dalam satu porsi ikan lele akan membuat kebutuhan vitamin B-12 dalam tubuh akan terpenuhi sebanyak 40%. Vitamin ini sangat penting perannya yaitu memecah makanan menjadi energi, jadi jika anda mudah lesu dan lemas ada kemungkinan anda kekurangan vitamin B-12, dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan lele sebagai solusinya.

Dari uraian panjang di atas sudah sewajarnya jika menyadarkan kita tentang begitu banyak kandung vitamin dan mineral yang ada dalam ikan lele, dan saya berharap mulai hari ini kita tidak memandang sebelah ikan lele, menganggap ikan tersebut adalah lauknya kaum marginal. Bukankah sehat itu mudah dan murah, jadi kenapa harus mengkonsumsi sumber pangan yang mahal untuk membuat anda sehat kalau di Negeri ini terdapat banyak sumber pangan yang bisa membuat anda sehat dan itu harganya murah serta mudah ditemukan. 
Sumber :
http://www.vemale.com/kesehatan/15450-manfaat-sehat-lele-sehat-untuk-otak-dan-jantung.html id.wikipedia.org/wiki/Lele‎ 
http://www.manfaatnya.com/manfaat-ikan-lele-untuk-kesehatan-tubuh/

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat menarik, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2NkavPz

    BalasHapus