Selasa, 26 November 2013

Ubi Jalar Ungu : Si Ungu Yang Super Manfaat

Ubi Jalar atau yang sering disebut ketela rambat atau dalam bahasa latin disebut I Pomoea Batatas adalah sejenis tanaman budidaya yang banyak tumbuh di asia dan afrika. Dan sering dimanfaatkan umbi dan daun-nya sebagai makanan dan sayuran. Walaupun banyak tumbuh di Asia dan Afrika, tanaman ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak begitu membutuhkan perawatan khusus untuk menanamnya. Ubi jalar mempunyai banyak jenisnya, jenisnya biasanya dibedakan berdasarkan warna, ada yang berwarna putih, kuning, merah dan ungu.

Namun ironisnya untuk di Indonesia, masyarakat masih banyak memandang sebelah mata yang namanya ubi jalar, bahkan orang tua sekarang tidak mau menyediakan makanan ubi jalar untuk putra-putri, mereka lebih suka membelikan makanan siap saji dan lainnya sebagai makanan penunda lapar atau makanan bersantai di sore hari. Dengan alasan gengsi dan takut akan mengakibatkan buang angin yang berlebihan maka banyak orang telah melupakan ubi jalar.

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba menggali lebih dalam lagi tentang manfaat ubi jalar khususnya ubi jalar ungu, agar kita semua dapat lebih bangga dengan tanaman lokal, sehingga dapat membantu petani lokal mencari nafkah. Dan yang pasti dapat membuat sehat seluruh warga Negara dengan makanan yang murah dan mudah di dapat. 

Segara garis besar ubi jalar ungu mengandung senyawa antosianin yang berfungsi sebagai anti oksidan dan penangkap radikal bebas, sehingga berperan mencegah terjadinya penuaan, kanker dan penyakit degenerative seperti arteriosklerosis, Selain itu antosianin juga mampu sebagai antimutagenik dan antikarsiogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan produk olahan-nya. Selain itu juga dapat mencegah gangguan fungsi hati, anti hipertensi dan menurunkan kadar gula. 

Apabila dilihat dari kompisisi zat atau nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar ungu, maka ubi tersebut mengandung lisin, Mg, Cu, K, Zn. Selainitu juga ubi jalar ungu terkenal sebagai sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Sedangkan vitamin yang terkandung dalam ubi jalar adalah Vitamin A, Vitamin C, Thiamin atau Vitamin B1 dan Riboflavin.Untuk mineral yang terkandung dalam ubi jalar ungu adalah zat besi (Fe), fosfor (P) Dan kalsium (Ca). 

The King of Sweet Potatos atau ubi jalar ini memang sangat luar biasa, dia mempunyai dua varietas yakni Ayamurasaki dan Yamagawa-murasaki, untuk di Indonesia sekarang sudah mulai dikembangkan khususnya di Jawa Timur. Dalam Sebuah Ubi Jalar mengandung Betakarotin dan Vitamin C yang tinggi bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskular. Dan bila dimakan bersama kulitnya, Ubi jalar rebus mengandung lebih banyak serat ketimbang oatmeal. Hal ini sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaa, seperti sembelit, wasir hingga kanker kolon. 

Tidak hanya sebatas itu, ternyata ubi jalar ungu dengan pigmen antosianin yng lebih tinggi dari jenis ubi jalar lainnya mampu menjadi penangkal kanker dan lain sebagainya. Total kandungan antosianin pada ubi jalar ungu sekitar 519 mg/100 g berat basah. Antosianin memiliki fungsi fisologis sebagai anti kanker, antioksidan, anti bakteri dan perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke, Ubi jalar ungu bermnafaat sebagai antioksidan karena dapat menyerap polusi udara, racun, oksidasi dalam tubuh dan menghambat pengumpulan sel-sel darah. 

Bahkan sekelompok antosianin bisa berperan untuk mencegah penuaan, kemerosotan daya ingat dan pikun. Bagi anda perokok atau pekerja lapangan yang sangat rentan terkenal radikal bebas dan efek negatif nikotin, sangat dianjurkan mengkonsumsi ubi jalar ungu yang direbus dan memakannya bersama kulitnya. 

Setelah tadi anda membaca artikel di atas, saya yakin anda pasti akan terheran-heran dengan manfaat atau khasiat dari ubi jalar ungu yang begitu luar biasa. Oleh karena itu mulai detik ini kita harus merubah persepsi tentang makan ubi jalar khususnya ubi jalar ungu adalah pola hidup orang desa yang kekurangan makanan, mari kita lebih mencintai tumbuh-tumbuhan yang ada di negeri ini. Karena tidak mungkin tidak ada manfaat setiap tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Dari pada anda mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk membeli makanan siap saji dan mempunyai efek ke depan yang kurang baik untuk tubuh, alangkah baiknya anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan murah, bukankah sehat itu mudah dan murah. .

Sumber :
http://bangka.tribunnews.com/2013/05/08/ubi-jalar-ungu-sahabat-diabetesi http://infosehatdancantik.blogspot.com/2011/06/manfaat-ubi-jalar-ungu-bagi-kesehatan.html http://www.pustaka.litbang.deptan.go.id/publikasi/wr304088.pdf 
http://id.wikipedia.org/wiki/Ubi_jalar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar