Jumat, 06 Desember 2013

Cara Mudah dan Nikmat Mengkonsumsi Mengkudu

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai dahsyatnya manfaat buah mengkudu dalam artikel sebelumnya yang berjudul misteri besar buah mengkudu. Maka pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengolah buah yang terkenal dengan rasanya yang tidak enak dan bau yang menyengat tersebut menjadi lebih enak dikonsumsi, sehingga dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit (silahkan baca artikel sebelumnya). 

Buah mengkudu sangat baik dikonsumsi orang orang sehat dan juga sakit, namun perlu dicatat bahwa untuk orang sakit sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi buah mengkudu, sehingga dokter dapat memberikan sebuah tindakan khusus. Buah mengkudu sebaiknya dikonsumsi sari buahnya saja, dan sebuah bukti empiris menyebutkan kalau sari buah mengkudu aman dikonsumsi oleh anak-anak, wanita hamil dan ibu menyusui.

Kembali berbicara mengenai olahan yang terbaik untuk mengkonsumsi buah mengkudu. Buah mengkudu akan sangat baik dikonsumsi dalam bentuk jus, alasannya adalah karena jus biasanya rasanya segar dan manis. Namun perlu sebuah tips khusus untuk mengolah buah yang super manfaat satu ini agar ketika dibuat juss akan menghasilkan rasa yang nikmat dan segar. Pertama siapkan 2-3 buah mengkudu yang setengah matang, tujuannya agar buah mengkudu tersebut tidak mengeluarkan aroma yang khas yang dapat menghilangkan selera. Aroma yang khas buah mengkudu ditimbulkan oleh buah yang sudah matang dan berwarna putih pucat.

Kemudian buah mengkudu yang tadi dicuci yang bersih di air yang mengalir. Setelah itu potong buah mengkudu menjadi 3 atau 4 bagian dan bersihkan bijinya agar mudah dihancurkan oleh blender. Masukan potongan buah mengkudu yang sudah dibuang bijinya tadi ke dalam blender, tambahkan air matang. Untuk menghilangkan bau yang khas tadi sebaiknya sebelum buah mengkudu tadi dihancurkan dengan blender, silahkan tambahkan madu atau sirup dengan rasa buah. Anda dapat menambahkan es atau tidak tergantung selera, Jus mengkudu sebaiknya dikonsumsi tidak terlalu lama setelah dihancurkan oleh blender. Hal ini untuk menghindari tercampurnya jus mengkudu dengan partikel lainnya yang ada di luar, Karena pembuatan juss ini tidak menggunakan bahan pengawet jadi akan lebih nikmat dan sehat jika langsung dikonsumsi setelah di hancurkan melalui blender. 

Bagi anda yang ingin menikmati olahan mengkudu dengan cara yang lain. Cara ini jauh lebih mudah atau sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang banyak (membeli blender). Caranya siapkan duah buah mengkudu yang tidak terlalu matang, kemudian potong menjadi empat bagian atau lebih, peras hingga keluar airnya. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu pada sari mengkudu perasan tadi. 

Ataupun anda dapat mencoba cara berikut ini dalam menikmati sari buah mengkudu. Siapkan satu buah mengkudu kemudian direbus dengan 2 gelas air, rebus hingga air rebusan mengkudu susut menjadi satu gelas. Anda dapat menambahkan madu untuk menghilangkan aroma atau rasa yang tidak sedap yang berasal dari buah yang super khasiat tersebut. 

Efek positif dari buah mengkudu dapat dirasakan oleh seseorang dalam waktu yang berbeda-beda, sebagian orang mungkin membutuhkan waktu sebulan bahkan lebih untuk merasakan efek positif tersebut, namun pada kasus lainnya hanya membutuhkan waktu seminggu untuk merasakan efek positif mengkudu. Namun terlepas dari perbedaan waktu tersebut, rata-rata hampir setiap orang mengalami adanya perubahan setelah minum dalam beberapa minggu. 

Lama tidaknya waktu yang dibutuhkan tersebut tergantung pada beberapa hal diantaranya : tingkat keseriusan masalah kesehatan, beberapa lama waktu mengkonsumsinya, stress atau tekanan yang dialami, terapi kesehatan yang dijalani, jenis suplemen kesehatan lain yang sedang dikonsumsi dan terakhir sebelum mengkonsumsi sari mengkudu sebaiknya dipastikan alasan apa yang memotivasi anda untuk mengkonsumsinya. 

Untuk orang tua disarankan untuk tidak ragu memberikan sari buah mengkudu pada anaknya, anak usia belasan sudah boleh diberi sari buah ini. Manfaat positifnya adalah dapat membantu mengatasi banyak proses transisi yang sedang dialami, selain itu juga dapat menghaluskan kulit yang mulai ditumbuhi jerawat, mempercepat penyembuhan akibat kecelakaan dan bisa menjaga mood anak. 

Setelah membaca artikel di atas, saya yakin anda sudah mulai paham mengenai cari pengelolahan buah mengkudu yang baik agar bisa diminum dan dirasakan manfaatnya. Manfaat yang diberikan sangat banyak dan beraneka ragam, mulai dari untuk mencegah atau mengobati beberapa penyakit berbahaya sampai hanya untuk memelihara kondisi kesehatan agar badan tetap fit dan semangat beraktivitas. Saya berharap artikel ini sekali lagi membuka mata kita semua tentang Indonesia yang kaya akan sumber daya alam yang bermanfaat, dan sekali membuktikan kalau sehat itu mudah dan murah. 
sumber : 
http://www.deherba.com/cara-konsumsi-mengkudu.html 
http://www.nonijuice.co.id/berita/cara-mengolah-mengkudu-131.php

2 komentar: