Senin, 17 Februari 2014

Jambu Biji : Buah Ndeso Untuk Kesehatan Manusia

Kita benar-benar harus bersyukur tinggal di Indonesia, sebuah negeri kepulauan yang subur dan tentunya kaya akan tanaman sayur dan buah yang nikmat dan mengandung sejuta manfaat. Banyak sekali tanaman buah dan sayur yang diekspor ke luar negeri baik itu yang akan dijadikan bahan baku obat atau yang hanya untuk dikonsumsi. Pada artikel sebelumnya di blog sehat itu mudah dan murah telah banyak membahas mengenai manfaat berbagai macam buah, sayur dan lain sebagainya. Ke semua sumber manfaat tersebut sangat mudah didapat dan murah harganya. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai manfaat jambu biji merah. Anda pasti pernah makan buah yang satu ini, buah yang berasal asam manis ini sangat menjadi buah favorit anak-anak di kampung atau di desa, karena mereka cukup memanjat pohon dan memetik buahnya untuk mendapatkan kenikmatan buah ini. Buah Jambu Biji memiliki nama latin Psidium Guajava, untuk di Indonesia tamanan ini hampir merata ada di seluruh pulau nusantara. Tanaman ini berasal dari Thailand dan kemudian menyebar dan dapat kita rasakan manfaatnya seperti sekarang ini.

Bagi anda yang tidak suka terhadap buah ini saya harapkan untuk mulai mencoba menyukainya dan menjadikannya daftar buah favorit anda, hal ini mempunyai alasan yang sangat logis yakni kandungan yang terdapat dalam buah jambu biji yang sangat banyak dan tentunya mempunyai banyak manfaat. Jambu biji mempunyai kandungan vitamin C, A, B kompleks, Serat dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga jambu biji mengandung kalsium (14mg), Hidrat Arang (12,2mg), Fosfor (28mg), Zat Besi (1,1mg), Protein (0,9mg), Lemak (0,3mg), zat likopen. 

Dari uraian kandungan di atas, dapat kita ketahui manfaat dari jambu biji untuk kesehatan kita. Vitamin, mineral dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavanoid yang terdapat dalam buah tersebut ternyata mampu mencegah kanker dan menjadi sebuah zat untuk anti penuaan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam referensi lainnya menyebutkan bahwa zat likopen itulah yang menjadi pelawan kanker, karena likopen dalam jambu biji mudah diserap tubuh dibanding likopen yang berasal dari tomat. Sebagai sebuah masukan, jambu biji berdaging merah mempunyai antioksidan lebih baik dari jambu biji berdaging putih. 

Tubuh kita sangat membutuhkan serat, serat berfungsi untuk mengatur metabolism pencernaan agat tidak terganggu. Jambu biji mempunyai serat larut yang sangat baik (5,4 gr perbuah atau sekitar 14% dari DRA). Selain membantu memperlancar pencernaan, serat larut juga berfungsi untuk melindungi membrane mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun yang masuk ke tubuh melalui zat makanan yang mengandung bahan kimia yang kita konsumsi. Bagi anda yang mengalami disentri atau diare dapat mengkonsumsi buah ini, karena jambu biji kaya akan astringent yang bersifat akali yang berfungsi sebagai anti bakteri. 

Vitamin B3 dan B6 pada jambu biji ternyata sangat baik untuk kesehatan fungsi otak. Vitamin B3 dikenal sebagai niasin yang berfungsi merangsang fugsi otak dan meningkatkan aliran darah sedangkan vitamin B6 juga dikenal sebagai pyridoxine yang berfungsi sebagai nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf lainnya.

Tinggal Di Indonesia yang memiliki banyak gunung api tentunya memiliki dampak positif dan negative, salah satu dampak negatifnya adalah efek abu vulkanik yang kita rasakan. Seperti hal yang baru terjadi di negeri ini yaitu letusan abu gunung kelud yang merata di seluruh pulau jawa menyebabkan banyak masyarakat terkena gangguan pernafasan dan juga batuk flu, Jika anda mengalami batuk flu maka daun jambu biji atau buah yang masih muda dapat menjadi solusinya, caranya adalah daun tersebut dimakan mentah-mentah atau buah yang masih mud adapt dibuat jus. Ramuan tersebut dapat mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernafasan bebas infeksi, selain itu juga kandungan vitamin dan zat besi membuat anda terbebas dari infeksi virus flu. 

Sumber vitamin A dan Flavonoid yang meliputi beta-karotin, likopen, lutien dan cryptoxanthin yang ada dalam jambu biji sangat baik untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan juga baik untuk kulit. Mengkonsumsi buah-buahan yang  kaya akan karotein akan dapat melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut. 

Bagi anda kaum hawa yang ingin menjaga agar kulit tetap halus dan mulus serta sehat maka anda dapat mengkonsumsi buah jambu biji, karena kandungan likopen dalam buah jambu biji muda dan membantu anda mengatasi kerusakan kullt dari efek sinar UV dan radikal bebas lainnya yang menempel di kulit pada saat aktivitas sehari-hari. 

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari jambu biji, namun karena keterbatasan waktu dan lain sebagainya, maka saya intisarikan beberapa manfaat yang dirasa umum dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Saya berharap artikel saya ini dapat membuka mata kita tentang manfaat buah dan sayur yang ada di negeri kita Indonesia. Dengan bangga dan rutin mengkonsumsi buah dan sayur yang ada di negeri ini, saya yakin kita semua akan sehat dan cerdas, bukankah sehat itu mudah dan murah. 

Sumber:
http://tsumasaga.wordpress.com/2013/03/21/manfaat-jambu-biji-merah-bagi-kesehatan-tubuh/ http://boenesaja.blogspot.com/2012/03/manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan.html
http://www.jendela-alam.com/10-khasiat-jambu-biji.html

1 komentar: