Minggu, 12 Januari 2014

Manfaat Terpendam Daun Pepaya

Pasti anda sangat paham dengan rasa dari daun pepaya, rasa pahit tentunya. Dan oleh karena rasa pahit itulah banyak orang kurang menyukai daun yang berasal dari pohon pepaya yang sangat banyak tumbuh di Indonesia. Bahkan hampir pada setiap halaman rumah penduduk Indonesia bisa dikatakan memiliki pohon pepaya, karena cara tanam nya yang mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus maka pohon ini dapat tumbuh subur di jenis tanah apapun
Namun dalam Wikipedia disebutkan bahwa banyak di daerah di negeri ini memanfaatkan daun pepaya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun dari pohon pepaya tersebut dipilih yang muda kemudian dijadikan lalapan (biasanya dilayukan dengan air panas). Di daerah Manado Sulawesi Utara, bunga pohon pepaya dijadikan urap dan menjadi salah satu makanan favorite oleh penduduk tersebut. Pada daun pepaya (juga terdapat pada batang, daun dan buah) terdapat sebuah getah yang mengandung enzim papain semacam protease yang dapat melunakan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain diproduksi secara massal dan menjadi salah satu komoditas dagang yang menjanjikan.


Pada kesempatan ini akan sedikit dibahas mengenai manfaat lebih (di luar hidangan dan sejenisnya) dari daun pepaya. Daun pepaya mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita, pada sebuah website departemen pertanian republik Indonesia dijelaskan berbagai macam manfaat dari daun pepaya. Salah satunya adalah untuk penyembuh penyakit demam berdarah. Kita ketahui demam berdarah adalah salah satu penyakit yang mematikan di negeri yang beriklim tropis ini. Namun ternyata daun pepaya mampu menyembuhkan penyakit tersebut, caranya rebus 5 lembar daun pepaya dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minumlah rebusan daun pepaya tersebut 1 hari sekali atau 2 kali sehari jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

Bagi para wanita yang suka merasa nyeri ketika haid maka dapat mencoba daun pepaya sebagai solusi nya. Caranya cukup mudah, ambilah 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air putih. Rebus bahan-bahan tadi hingga matang, kemudian air rebusan tadi diminum selagi hangat. Tidak hanya sebatas itu, daun pepaya juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Perlu diketahui bahwa di dalam daun pepaya terdapat kandungan yang bernama karpain. Karpain sangat baik untuk memperlancar saluran pencernaan, karena senyawa tersebut dapat membunuh mikro organism yang mengganggu sistem pencernaan kita, jadi mulai sekarang kita semua harus rajin makan oseng-oseng daun pepaya dan lain sebagainya. 

Bagi anda kaum remaja yang merasa terganggu atau tidak percaya diri karena jerawat maka dapat mencoba tips mudah berikut ini. Ambil daun pepaya yang sudah tua, kemudian daun tersebut dijemur hingga kering. Setelah kering, hancurkan daun tersebut dan campurkan air ke dalam daun pepaya yang sudah menjadi bubuk. Setelah bubuk daun pepaya yang bercampur air tersebut berbentuk seperti masker, usapkan masker daun pepaya ke wajah terutama yang berjerawat dan biarkan mengering kemudian bersihkan. 

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membuat hidup kita semua lebih berarti. Bukankah sehat itu mudah dan murah, jadi bersyukurlah kita hidup di bumi Indonesia yang kaya akan tumbuh-tumbuhan berkhasiat. 

Sumber:
http://ditbuah.hortikultura.deptan.go.id/detailskim.php?id=38
http://manfaatdaunku.blogspot.com/2013/10/manfaat-daun-pepaya-muda-bagi-kesehatan.html http://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar