Senin, 28 Oktober 2013

Manfaat Serat Untuk Gusi Dan Gigi Anda

Saya yakin kata serat sangat sering anda dengar, serat merupakan sebuah kebutuhan yang harus dicukupi oleh tubuh, kekurangan serat dalam tubuh dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, seperti susah buang air besar dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat serat untuk kesehatan gigi dan gusi anda, mungkin anda selama ini berpendapat bahwa serat hanya berfungsi untuk memperlancar pencernaan. 

Serat bisa diperoleh dari buah dan sayuran, dalam keseharian manusia membutuhkan setidaknya 25-40 gram serat. Kecukupan serat dalam tubuh juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi, alasannya adalah makanan berserat seperti buah dan sayur punya kemampuan self cleansing alami pada plak gigi. Gigi yang bersih menghindarkan gusi dari terjadinya peradangan,” kata Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, drg. Hari Sunarto Sp.Perio (K) pada seminar Sepelekan Penyakit Gusi Sebabkan Gigi Tanggal pada Orang Dewasa, Kamis, (25/10/2013), di Jakarta.

Adapun proses Self cleansing terjadi saat makanan berserat dikunyah dalam rongga mulut. Ketika dikunyah, makanan berserat menggosok permukaan gigi yang dipenuhi plak. Hilangnya plak menjaga gigi tetap bersih dan sehat. Selain itu juga makanan berserat tinggi juga dapat menstimulasi aliran air ludah (saliva), yang berperan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Sebagai alat pertahanan, saliva dapat menetralisir asam penyebab kerusakan gigi. Saliva juga mengandung kalsium dan fosfat, yang dibutuhkan sebagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan awal dari jaringan gigi, bahkan mengkonsumsi makanan berserat mampu menstimulasi gigi menjadi lebih kuat. 

Hal ini dikarenakan makanan berserat memiliki tekstur renyah, sehingga menuntut gigi mengunyah lebih kuat. Makanan juga harus dikunyah lebih lama supaya halus dan mudah ditelan. Ada baiknya waktu mengkonsumsi makanan berserat baik yang terdapat di buah ataupun sayuran, kita mengunyah makanan berserat tersebut dilakukan dengan gigi bagian kanan dan kiri. Sehingga kedua bagian bisa sama kuatnya. Jika hanya salah satu yang digunakan, rahang akan tumbuh miring dan menyebabkan susunan yang asimetris. 

Selain itu juga pengunyahan di kedua belah gigi tersebut memungkinkan gigi kanan dan kiri sama bersihnya. Selain mengkonsumsi makanan berserat, kita juga harus rajin melakukan sebuah cara untuk memperoleh gigi dan gusi yang sehat yakni dengan cara menggosok gigi secara rutin, minimal saat bangun dan mau tidur. Gigi yang bersih akan mencegah terjadinya peradangan gusi (inflamasi), yang ditandai adanya pendarahan. 

Sedikitnya gigi harus dibersihkan usai sarapan dan sebelum tidur. Peradangan yang mampu dicegah akan menghindarkan gigi lekas tanggal. “Untuk usia tua gigi tanggal memang peristiwa lumrah dikarenakan menurunya kalsium dalam tubuh. Namun tetap saja kesehatan gusi dan gigi harus dijaga sebaik-baiknya. 

Demikianlah artikel ini dibuat, untuk memberikan sebuah info yang sengaja digali dari persepsi yang lain tentang manfaat serat, semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan tubuh khususnya kesehatan gigi dan gusi karena sehat itu mudah dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar