Kamis, 24 Oktober 2013

Sejuta Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

Olahraga adalah sebuah aktivitas wajib bagi manusia, tanpa olahraga manusia akan mudah terkena berbagai macam penyakit atau minimal mempunyai tubuh yang tidak bugar jika jarang atau tidak pernah olahraga. Bahkan tidak hanya sampai di sana, olahraga juga bermanfaat bagi fungsi otak manusia, berikut ini akan kita bahas mengenai manfaat olahraga bagi tubuh anda.



Manfaat pertama adalah olahraga dapat meningkatkan kapasitas otak anda, hal ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak. Serotonin adalah sebuah hormon dalam otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang meliputi pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan. Sehingga jika kita rajin melakukan olahraga akan mendapatkan sebuah produktivitas yang meningkat, maksud dari produktivitas ini adalah selain kualitas kerja yang bagus juga mempunyai andil dalam memberi kontribusi suasana kerja yang harmonis.

Manusia pasti membutuhkan energi untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari, energi bisa diperoleh dari asupan makanan dan minuman sehari-hari, namun itu saja tidak cukup karena ada faktor penting untuk meningkatkan energi dalam tubuh manusia. Dan jawabannya adalah olahraga, dengan berolahraga teratur selama 30 menit sehari dapat meningkatkan energi yang ada dalam tubuh. Alasannya adalah ketika kita berolahraga maka sebuah senyawa yang bernama endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, Endorphin adalah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.

Setiap manusia tentunya ingin hidup sehat tanpa penyakit apapun, banyak hal yang dilakukan manusia untuk memperolehnya, bahkan mereka rela menghabiskan banyak uang untuk memperoleh tubuh yang sehat. Namun sebenarnya anda tidak akan mengeluarkan biaya yang besar untuk memperoleh kesehatan karena dengan  berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya. Berolahraga bahkan bisa memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, setidaknya anda bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit flu dan penyakit umum lainnya.

Bagi anda kaum perempuan yang sekarang sedang bingung dengan berat badan yang tidak ideal alias sedang diet untuk membuat badan anda ideal, maka ada baiknya anda cermati pargraf berikut ini. Dengan olahraga yang rutin makan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak tubuh ketika anda sedang beristirahat. Dengan demikian, semakin banyak otot yang kita miliki, semakin baik metabolisme yang kita alami. Tentu pembakaran kalori tidak hanya terjadi ketika anda berada dalam kondisi beristirahat, tetapi ketika berolahraga juga. Dengan tingkat metabolisme yang baik, seseorang dapat memiliki pola makan yang sehat. Selama tidak terlalu berlebihan, setiap makanan favorit dapat dikonsumsi.

Demikianlah beberapa manfaat berolahraga, semoga artikel  di atas dapat memberikan manfaat bagi anda. Pada kesempatan berikutnya akan dibahas lebih mendalam tentang manfaat olahraga dan jenis-jenis olahraga yang mudah dilakukan namun mempunyai manfaat yang luar biasa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar