Rabu, 24 September 2014

Daun Kemangi Yang Terlewatkan



Jika anda sering makan di warung lesehan maka anda akan sering menemukan daun kemangi yang dihidangkan bersama makanan yang kita pesan, banyak orang tidak memakan daun tersebut dan sebagian lagi menaruhnya dalam mangkok untuk mencuci tangan untuk menghilangkan bau amis di tangan kita menyantap hidangan lesehan. Namun apakah anda tau manfaat dari daun kemangi tersebut ??
Kemangi merupakan tanaman yang mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Alasan disebut beraroma karena aroma yang keluar dari daun tersebut begitu khas. Bau khas ini yang membuat kemangi sering tidak dimakan atau dijadikan campuran untuk air cuci tangan. 

Walaupun mempunyai bau yang khas, daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Fungsi dari betakaroten adalah untuk mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibody, sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan dan sebagai antioksidan.
Selain itu kemangi mempunyai kandungan vitamin C yang berguna membentuk kolagen untuk mempermudah penyembuhan luka dan memelihara elatisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, fungsi lainnya adalah sebagai antioksidan yang mencegah pembentukan nitrosamine yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker)

pada kemangi juga mempunyai kolagen. Kolagen adalah senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktursel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit dan tendon (urat otot). Mineral makro juga terdapat dalam daun kemangi, mineral makro tersebut meliputi kalsium, fosfor dan magnesium. Fungsi dari fosfor adalah untuk pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Sedangkan magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

Selain mempunyai kandungan gizi seperti dijelaskan di atas, daun kemangi juga mempunyai kandungan non gizi yang tidak kalah pentingnya. Daun kemangi mempunyai senyawa flavonid dan eugenol, arginin, anetol boron dan minyak astiri, secara umum senyawa tersebut berfungsi sebagai antiokasidan yang dapat menetralakn radikal bebas, menetralkan kolestrol dan bersifat antikanker. Senyawa ini juga bersifat antimikroba yang mampu mencegahmasuknya bakteri, virus atau jamur yang membahayakan tubuh. Sedangkan minyak astiri berguna untuk mencegah mikroba penyebab penyakit seperti staphylococcus aureus, Samonella enteritidis dan Escherichia coli. Minyak astiri juga menangkal infeksi akibat virus Basillus subtilis, Salmonella paratyphi dan Proteus vulgaris.
Setelah tadi kita membahas mengenai kandung yang ada di daun kemangi baik dari segi kandungan gizi dan juga kandungan non gizi, maka saat ini kita akan membahas mengenai manfaat daun kemangi untuk kesehatan dengan bahasa yang umum, sehingga dimengerti oleh semua orang.  Bagi anda yang mempunyai balita yang sering terkena demam atau masuk angin, sebaiknya mencoba untuk sering memakan dan kemangi, karena daun kemangi mampu untuk mengatasinya. Caranya adalah ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa. Lalu dioleskan ke perut, dada dan punggung balita.
Dalam daun kemangi mempunyai kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dapat mengobati atau mencegah infeksi mata, meredakan mata yang stress dan gangguan lain pada mata. Selain itu, kandungan mint dalam daun kemangi dapat mengatasi masalah bau mulut. Bagi ibun yang menyusui, daun kemangi mampu membantu memperlancar ASI, makanlah daun kemangi secara rutin sebagai lalapan, niscaya ASI akan lancar dan bayi ikut sehat.
Untuk keluhan bengkak dan radang sendi yang disebabkan karena inflamasi yang terjadi karena kurangnya kalsium dalam tubuh dapat diatasi dengan daun kemangi, karena daun kemangi juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Di Thailand daun kemangi digunakan sebagai bumbu masak, sedangkan di India dan sebagian wilayah Afrika daun kemangi diseduh untuk dijadikan teh. Teh kemangi sangat cocok disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat sangat rentan terkena batuk, pilek dan demam.

Untuk urusan wanita, ternyata daun kemangi mempunyai banyak manfaat. Ternyata kandungan zat triptofan dalam daun kemangi berfungsi untuk menunda menopause, jadi rajinlah mengkonsumsi daun kemangi untuk menunda menopause. Keputihan memang sebuah masalah untuk wanita, namun jangan khawatir karena dengan mengkonsumsi kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan, jamur tersebut akan hilang berkat senyawa eugenol yang terkandung dalam daun tersebut.

Masih banyak lagi manfaat daun kemangi untuk kesehatan misalnya anti radang, menjaga kesehatan jantung, mengatasi stroke, gangguan bau mulut dan sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kemandulan, memperlancar aliran darah dan lain sebagainya. Dari uraian yang panjang tadi, kiranya membuka mata kita tentang khasiat daun kemangi dan saya berharap kita dapat secara rutin mengkonsumsinya untuk kesehatan. Bukankah sehat itu mudah dan murah

Sumber :
http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2013/11/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan.html

http://manfaatsehat.com/7-manfaat-daun-kemangi-yang-menakjubkan/
http://www.konsultankolesterol.com/manfaat-daun-kemangi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar