Senin, 26 Januari 2015

Mari Mulai Mencintai Bawang Merah



Sudah bisa dipastikan  kalau di setiap dapur rumah tangga, warung makan, resto dan lain sebagainya terdapat  rempah yang satu ini. Rempah ini mempunyai nama latin Allium cepa L yang merupakan kelompok Aggregatum.. Kalau Di Indonesia rempah ini terkenal dengan nama Bawang Merah. Bawang Merah menjadi tanaman yang ternama di Asia Tenggara karena fungsinya dalam sebuah masakan begitu penting. 


Namun pada kesempatan ini kita tidak akan membahas fungsi bawang merah dari segi kuliner atau masakan, namun kita akan berusaha mengupas manfaat bawang merah dari segi kesehatan untuk tubuh. Ternyata bawang merah mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan seperti zat pengatur tubuh yang bernama hormon auksi dan giberelin. Selain itu bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat dan asam folat. Tidak hanya itu, bawang merah mengandung kalsium dan zat besi. Sebagai obat tradisional bawang merah mengandung senyawa antiseptic dan  senyawa alliin. Senyawa ini akan diproses oleh enzim allinase menjadi anti mikroba yang bersifat bakterisida.

Berikut akan kita kupas satu persatu mengenai manfaat bawang merah. Koletrol yang berlebihan tentunya sangat ditakuti oleh siapa saja, karena efek dari kolestrol yang tinggi akan dapat mengakibatkan stroke, jantung dan lain sebagainya. Pola makan sekarang ini memang sangat rental membuat kita mempunyai kadar kolestrol yang tinggi, oleh karena itulah kita haru bisa mengontrol asupan yang kita makan. Dan ternyata rajin mengkonsumsi bawang merah dapat mengurangi kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh, selain itu juga bawang merah mengandung sulfide methyalallyl serta asam amino sulfur yang dapat menrunkan kolestrol dan meningkatkan kolestrol baik (HDL)

Penyakit Kanker kini sudah sangat banyak ditemukan di masyarakat, hal ini tentunya membuat kita harus berfikir menjadi solusi untuk menghindari ataupun membuat sebuah tameng dari penyakit yang mengerikan ini.  Namun fakta dilapangan berbunyi bahwa obat-obatan yang dapat menyembuhkan atau menanggulangi penyakit kanker di patok dengan nominal  yang sangat fantastik. Namun jangan bersedih karena ternyata bawang merah memiliki kandungan senyawa belerang sulfur yang dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, gangguan saluran kemih  dan prostat. Caranya cukup mudah, yakni dengan hanya makan bawang merah mentah.

Selain kanker, diabetes  juga merupakan penyakit yang sering kita temui di masyarakat dan termasuk juga penyakit mematikan.  Secara garis besar, diabetes disebabkan oleh gula dan lemak dalam tubuh yang menumpuk secara berlebihan. Kondisi tersebut membuat kelenjar pankreas terpaksa harus bekerja memproduksi hormon insulin untuk mengolah gula yang masuk. Jika pankreas tidak mampu mengolah hormon insulin yang terus bertambah maka kelebihan gula tidak dapat terolah lagi dan masuk ke dalam darah dan urine. Oleh karena itulah memakan bawang merah mentah dapat  meningkatkan produksi insulin dan tentunya menjaga pola makan adalah tindakan preventif yang paling bijaksana.

Setelah tadi kita membahas mengenai manfaat bawang merah untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit berbahaya, maka sekarang kita akan membahas masalah sembelit. Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang. Bahkan sembelit cukup hebat sering disebut obstipasi, obtipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang dapat berakibat fatal pada penderitanya. Namun jangan panik, ternyata serat  yang ada di dalam bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jadi jika anda mengalami sembelit jangan ragu untuk makan bawang merah mentah.

Tidak hanya sebatas beberapa penyakit di atas yang dapat diatasi dengan makan bawang merah mentah. Ternyata bawang merah merupakan salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan hemoroid atau wasir. Bahkan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati pendarahan di hidung. Caranya cukup mudah kok. Iris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan.
Demikianlah artikel tentang manfaat yang luar biasa dari bawang merah, jadi mulai saat ini jangan gengsi dan takut untuk mengkonsumsi bawang merah, Karena manfaatnya sangat besar untuk kesehatan kita. Kita harus bersyukur hidup di bumi pertiwi yang kaya akan tanaman obat yang berkhasiat sehingga untuk hidup sehat itu sangat mudah dan murah.

Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/6-khasiat-makan-bawang-merah-mentah.html
http://www.sitkes.com/khasiat-bawang-merah.html

http://penyebabdiabetes.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sembelit
http://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar