Minggu, 22 Februari 2015

Terong : Si Ungu Yang Super Manfaat



Salah satu sayuran yang mudah ditemukan di pasaran, baik pasar tradisional ataupun supermarket adalah terong atau bisa disebut dengan terung.  Terong mempunyai berbagai macam jenis dan warna, namun pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai terong ungu panjang. Terong ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Kandungan tersebut meliputi kalsium, mineral, serat, bioflavonoid dan vitamin K.

Terong mempunyai nama latin Solonum melongena, buah ini berasal dari India dan Sri Langka dan kerabat terdekat dari buah yang berwarna ungu ini adalah kentang dan masih kerabat jauh dari tomat. Tanaman ini mempunyai tinggi sekitar 40cm-150 cm dengan daun yang besar dan lobus yang kasar. Ukuran daun sekitar 10-20 cm dengan panjang 5-10cm. Terong mempunyai pohon yang berduri dengan warna bunga antara putih hingga ungu dengan mahkota yang memiliki lima lobus.

Setelah satu paragrap diatas membahas mengenai identifikasi terong dan juga asal tanaman, maka kini kita akan kembali membahas lebih dalam mengenai kandungan gizi dan manfaat terong untuk kesehatan secara mendalam. Kandungan gizi dalam terung ungu antara lain:  air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karotein, vitamin B1, B2, dan C, asam nikotinat dan lain sebagainya.

Dalam buah terong terdapat kandungan nutrisi phyto. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh organ otak. Jadi mengkonsumsi terong sangat baik untuk nutrisi otak dan tentunya nutrisi ini sangat mudah didapat dengan harga murah. Tidak hanya sebatas itu, ternyata terong mempunyai manfaat lainnya. Kandungan serat yang tinggi pada terong sangat baik untuk saluran pencernaan yang sehat  dan tentunya hal ini juga sangat baik untuk menghindari kanker yang bisa menyerang usus besar anda karena pencernaan yang tidak lancar.

Pada artikel sebelumnya banyak dibahas mengenai buah dan sayur yang dapat mencegah diabetes, dan ternyata dengan kandungan serat yang terdapat pada terong dan juga rendah karbohidrat, terong ternyata juga salah satu sayur yang dapat mencegah terjadinya diabetes. Kolestrol yang berlebih akan sangat berdampak negative untuk kesehatan, salah satu akibat fatal yang menakutkan dari kolestrol yang berlebih adalah serangan atau penyakit jantung mematikan. Dengan rajin mengkonsumsi terong ungu dapat membantu mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dalam terong terdapat kandungan bioflavonoid yang dapat berperan sebagai pengontrol tekanan darah tinggi ataupun dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti halnya susu, ternyata terong juga mempunyai kandungan kalsium yang sangat baik untuk memperkuat sendi dan tulang, jadi membiasakan memberikan masakan yang berbahan terong pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan adalah sebuah kebiasaan yang baik dan sehat. Zat besi yang terkandung dalam buah terong sangat baik untuk menanggulangi penyakit anemia, walaupun penyakit anemia ini tidak begitu mematikan seperti penyakit diabetes, jantung dan lain sebagainya, namun penyakit ini dapat berpengaruh pada penurunan kinerja dan aktivitas, jadi dengan rajin mengkonsumsi terong ternyata dapat mengobati anemia.

Demikianlah artikel sederhana yang disaripatikan dari berbagai sumber, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi semuanya. Artikel diatas juga membuat kita sadar kalau untuk hidup sehat itu tidak perlu makan-makanan yang mahal, karena kita tinggal di negeri yang kaya akan tumbuh-tumbuhan baik buah dan sayur yang bermanfaat untuk kesehatan. Bukankah sehat itu murah dan mudah!!!!

Sumber :
http://permathic.blogspot.com/2013/01/kandungan-gizi-dan-manfaat-terong-ungu.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Terung
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/09/manfaat-terong-kesehatan-tubuh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar