Minggu, 08 Maret 2015

Sawi Putih : Si Lezat Yang Menyehatkan




Kalau kita mendengar kata Sawi Putih, maka yang terbesit di pikiran kita adalah jenis sayuran yang banyak disukai karena rasanya yang enak apabila di tumis atau dibuat varians lainnya dan juga harga yang ekonomis membuat sayuran ini menjadi menu favorit di warung-warung atau rumah makan. Sawi putih mempunyai nama latin brassica rapa. Sayuran sawi terkenal sebagai sayuran olahan dalam masakan Tionghoa, oleh karena itulah sawi putih itu sering disebut sawi cina. 
Di Indonesia sawi putih tumbuh subur di dataran tinggi atau daerah yang sejuk, untuk di Indonesia sayuran ini bisa tumbuh subur dan hampir semua daerah walau begitu untuk di Indonesia produksi sayur ini tidak terlalu tinggi, karena sayuran ini sangat popular dan  mempunyai tingkat produksi yang tinggi di Tiongkok, Jepang dan Korea.
Itulah tadi sekilas tentang sawi putih, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas ciri-ciri khusus ataupun cara membuat menu nikmat dan lezat dari sawi putih. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat sawi putih bagi kesehatan, tentunya artikel ini akan merujuk pada beberapa referensi dan kajian ilmiah lainnya.
Sawi Putih juga mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan, dalam artikel yang ditulis di  fondation-louisbonduelle.org mengulas mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam sawi putih.
 Kandungan
Mentah
Masak
Energi
8 kcal
9 kcal
Protein
1 gram
1,2 gram
Karbohidrat
0,7 gram
0,4 gram
Lemak
0,2 gram
0,3 gram
Serat
2,5 gram
3 gram
Sodium
4 miligram
3 miligram
Potasium
205 miligram
133 miligram
Vitamin B9
52 µg
23 µg
Dalam beberapa referensi menyebutkan kandung vitamin K pada sawi putih mampu mengatasi  Osteoporosis dan juga mengatur protein tulang dan kalsium. Selain itu sawi putih mengandung Vitamin E, C dan Beta-Karoten, ketiga nutrisi dan vitamin tersebut bermanfaat untuk mencegah naiknya kadar kolestrol jahat  yang dapat mengakibatkan peyumbatan pada pembuluh darah  dan penyakit jantung. Zat niasin yang terdapat pada sawi putih berfungsi menurunkan resiko serangan jantung. Tak hanya itu, kandungan vitamin E juga dapat menjaga kelembapan dan menghaluskan kulit.
Anda pasti sering mendengar dan sangat dekat dengan istilah Vitamin A,  ya betul sekali Vitamin A mengandung keratin yang bisa menjaga kornea mata agar tetap sehat. Anemia memang dianggap sebagai sebuah gangguan atau penyakit yang biasa, bahkan orang cenderung tidak peduli dengan penyakit ini. Namun perlu diketahui bahwa amenia dapat mengakibatkan penurunan kinerja dan bahkan bisa menyebabkan pingsan secara mendadak. Untuk mengatasi anemia perlu mengkonsumsi nutrisi yang mengandung Asam Folat, dan ternyata kandungan Asam Folat dalam Sawi Putih sangat baik untuk mengatasi anemia.
Dari sekian banyak penyakit yang ada di dunia ini  kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Di dalam Sawi Putih terdapat kandungan Isotiosianat dan Indole di dalam Sawi Putih, kandungan senyawaini berguna mengendalikan enzim dalam proses detokniasasi. Adapun jenis kanker yang dapat dicegah dengan senyawa yang ada di Sawi Putih adalah kanker payudara dan kanker yang lainnya termasuk juga penyakit ginjal
Walaupun penyakit gondok sudah sangat jarang terjadi, namun sangat bijak kita selalu mengantisipasi berbagai hal yang terburuk yang terjadi pada tubuh kita. Dalam sawi terdapat kandungan Goitrogen, kandungan tersebut bisa menghambat fungsi tiroid yang dapat menyebabkan penyakit gondok.
Bagi ibu hamil, mengkonsumsi sawi putih sangat baik, karena sayur tersebut mengandung asam folat yang sangat tinggi. Senyawa tersebut sangat baik untuk ibu hamil karena dengan tercukupinya asam folat bagi ibu hamil, maka dapat mengurangi resiko bayi terlahir cacat fisik atau mental.
 Demikianlah artikel sederhana tentang sawi putih, hal ini membuktikan mengkonsumsi sayur-sayuran itu sangat baik untuk kesehatan. Dan hal ini membuktikan bahwa sehat itu mudah dan murah.

Sumber :
http://www.kesehata
npedia.com/2014/12/manfaat-sayur-sawi-putih-bagi-kesehatan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sawi_putih
http://www.sunpride.co.id/kandungan-nutrisi-sawi-putih/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar