Senin, 30 Maret 2015

Kecambah Itu Sehat



Mendengar kata kecambah atau taoge membuat kita langsung ingat soto, lotek dan menu lain sebagainya, iya,,tumbuhan ini sering menjadi bahan untuk membuat menu di atas. Lantas sejauh mana anda tahu tentang kecambah atau taoge dan apa manfaatnya bagi kesehatan ?? pada kesempatan ini akan dibahas sekilas info tentang tumbuhan tersebut dan akan lebih banyak membahas mengenai manfaat kecambah untuk kesehatan.

Kecambah atau taoge merupakan tumbuhan sporofit muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Terdapat tiga bagian utama pada kecambah, pertama adalah radikula (akar embrio), hipokotil dan kotiledon (daun lembaga). Kecambah atau yang terkenal dengan sebutan taoge di masyarakat Indonesia merupakan bahan  pangan yang di golongkan sebagai sayur-sayuran. Walaupun bentuknya kecil namun taoge mengandung banyak vitamin E.
Selain itu juga kecambah merupakan pangan yang rendah kadar lemak dan kaya vitamin C, serta mempunyai folat dan protein yang dapat memperkecil resiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan dapat merendahkan LDL dalam darah sehingga mengurangi resiko terkena stroke dan serangan jantung.
Dalam sumber lain menyebutkan bahwa kecambah merupakan gudangnya nutrisi, hal ini didasarkan pada kandungan gizi yang terdapat dalam kecambah cukup tinggi, sebagai contoh kandungan protein dalam kecambah lebih dari 19%, hal ini sangat jauh dibandingan dengan kacang aslinya. Masih pada sumber yang sama, diungkap bahwa kecambah mengandung banyak gizi yang dapat bermanfaat untuk tubuh manusia, diantaranya adalah Protein, Karbohidrat, Seng, Potasium, Asam Folat, Fosfor, Kalium, Zat Besi, Vitamin A,Vitamin B, Vitamin C, Niacin dan Energi.
Selain mengandung folat dan protein yang dapat memperkecil resiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan dapat merendahkan LDL, ternyata kecambah juga mampu mencegah kanker. Kecambah mengandung banyak serat dan air yang dapat membantu pengurasan kotoran dalam usus besar, hal ini akan sangat membantu mengurangi kanker. Hal ini dikarenakan tidak adanya lagi zat-zat racun yang ada dalam usus, dan juga mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker. Demikian juga dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada kecambah dapat berfungsi untuk mencegah penyebaran sel kanker ganas.
Kecambah sangat baik dikonsumsi oleh anak yang masih dalam masa pertumbuhan maupun orang tua, hal ini dikarenakan kandungan estrogen alami yang ada di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan juga mencegah terjadinya tulang keropos yang bisa mengakibatkan Osteoporosis
Pernyataan makan kecambah bisa meningkatkan kesuburan sudah sangat sering kita dengar, bahkan dari zaman dahulu pernyataan tersebut telah ada di masyarakat. Namun kita hanya tahu sebatas itu saja, tanpa mengetahui korelasi antara kecambah dan kesuburan. Ternyata kuncinya ada pada kandungan Vitamin E alfa yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Vitamin tersebut merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas, dengan rajin mengkonsumsi kecambah akan melindungi sel-sel telur atau spermatozoa dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas sehingga kualitas sel telur dan sperma dapat terjaga.
Itulah sekilas info tentang kecambah, walau bentuknya kecil dan harganya merakyat namun manfaat yang terkandung di dalamnya sangat luar biasa, sekali ini membuktikan untuk hidup sehat itu tidak harus mahal karena sehat itu mudah dan murah
.
Sumber :

https://www.deherba.com/besarnya-manfaat-kecambah-untuk-kesehatan-manusia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kecambah
http://www.carahidupsehatalami.info/manfaat-kecambah-tauge-kacang-hijau/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar