Kamis, 09 April 2015

Indonesia Sehat Bersama KANGKUNG



Anda pasti sangat akrab dengan kata kangkung, ya kangkung merupakan sayuran  yang banyak tumbuh dan diperjualbelikan di kawasan Asia, karena harganya yang bersahabat dan rasanya yang nikmat (setelah diolah) maka kangkung merupakan salah satu sayuran favorit. Kangkung memiliki nama latin Ipomoea aquatic Forsk mempunyai dua bentuk umum yang sering kita jumpai di pasaran, yang pertama adalah kangkung yang mempunyai daun seperti mata panah, dengan panjang 10-15cm, sedangkan bentuk yang kedua berbentuk  daun sempit memanjang dan biasanya tersusun menyirip tiga.

Setelah satu paragraph di atas membahas sekilas tentang kangkung dan jenis umum yang ada pada kangkung, sekarang seperti biasa kita membahas tentang kandung gizi dan manfaat yang terkandung dalam sayur kangkung. Walaupun kangkung tergolong sayuran murah, namun jangan anggap remeh kandung gizi dan manfaat sayuran ini. Dalam kangkung terkandung sejumlah vitamin seperti A, B kompleks, dan C. Tidak hanya itu, kangkung juga mengandung kalsium, fosfor dan zat  besi. Semua kandungan vitamin dan nutrisi di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk aktivitas dan untuk menjaga stamina.
Berikut ini akan diungkapkan satu persatu mengenai manfaat kangkung. Anda pasti mengenal Anemia, anemia merupakan sebuah penyakit yang mempunyai ciri-ciri seperti lesu, lemah dan kepala terasa pusing. Anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi. Rajin mengkonsumsi kangkung ternyata dapat mencegah Anemia, kandungan zat besi pada kangkung dapat  merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.
Dalam satu dekade terakhir, penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan sering dijumpai di masyarakat kita. Diabetes disebabkan oleh asupan gula yang berlebihan yang masuk ke dalam tubuh, namun sebuah berita gembira hadir di tengah ketakutan kita akan penyakit diabetes. Kangkung ternyata mempunyai zat yang dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh, jadi jika anda rajin mengkonsumsi kangkung maka akan tidak perlu khawatir tentang asupan gula yang anda konsumsi.
Mempunyai anak yang cerdas adalah impian setiap orang tua, kecerdasan mempunyai korelasi yang sangat erat terhadap asupan makanan yang di konsumsi. Vitamin B kompleks dan Omega 3 adalah asupan yang sangat baik untuk kinerja otak. Dan ternyata kangkung mempunyai kandungan di atas, memberikan hidangan sayur kangkung untuk anak sangat dianjurkan untuk meningkatkan kecerdasan anak.
Program jantung sehat sudah sangat sering kita dengar di Indonesia, hal ini tentunya bukan hanya sebuah ceremony belakang namun hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah kasus penyakit jantung. Banyak penyebab terjadi penyakit jantung, namun pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Cara mengurangi resiko terkena penyakit jantung adalah dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C serta beta-karoten. Nutrisi tersebut berfungsi untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh atau sebagai antioksidan, sehingga membantu mencegah kolestrol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah menyebabkan arteri tersumbat dan terjadilah serangan jantung. Dan kangkung mengandung nutrisi yang dapat mencegah teroksidasinya kolesterol, selain itu kandungan folat dalam yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya bagi tubuh, terakhir kandung magnesium pada kangkung dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Setelah kita membaca info di atas ternyata kangkung mempunyai kandungan yang luar biasa untuk mencegah penyakit jantung.
Demikianlah sekilas info mengenai manfaat kangkung, walaupun kangkung tergolong sayuran murah, namun jangan pernah gengsi untuk mengkonsumsinya, selain lezat jika di tumis atau dijadikan Ca ‘ kangkung. Sayuran ini mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sekali lagi ini membuktikan kalau sehat itu mudah dan murah. BANGGA HIDUP DI INDONESIA

Sumber :
http://manfaat.co.id/manfaat-kangkung
http://id.wikipedia.org/wiki/Kangkung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar