Kamis, 23 April 2015

Manfaat Tersembunyi Tumbuhan Genjer



Mungkin bagi sebagian masyarakat masih asing dengan tumbuhan satu ini, atau bahkan jarang melihatnya dan terlebih lagi mengkonsumsinya. Genjer adalah salah satu tumbuhan paku yang biasa hidup di rawa-rawa, tumbuhan ini sering ditemukan di hidangan lotek dan sejenisnya, namun tidak semua kalangan mengenal dan pernah mengkonsumsi tumbuhan ini. Genjer mempunyai nama latin Limnocharis flava. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengulas mengenai genjer dan apa manfaatnya untuk kesehatan, karena menurut penulis, tumbuhan ini sudah sangat jarang di konsumsi padahal rasanya cukup enak dan mempunyai kandungan gizi dan nutrisi.


Dalam sebuah sumber lainnya disebutkan dalam setiap 100 gram genjer mengandung energi 39 kkal, selain itu juga tumbuhan ini mengandung protein 1,7 gram, karbohidrat 7,7 gram,  kalsium 62 mg, fosfor 33 mg dan zat besi 2,1 mg. selain itu tumbuhan ini juga mengandung serat yang baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan. Masih dalam sumber yang sama disebutkan bahwa rajin mengkonsumsi genjer dipercaya dapat mencegah kanker kolon dan sembelit.
Setelah tadi kita membahas kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam genjer,maka kita akan membahas satu per satu mengenai khasiat atau manfaat tumbuhan genjer. Yang pertama tumbuhan ini bermanfaat untuk penambah nafsu makan, jika anda sedang mengalami masalah tidak nafsu makan maka ambilah 15 gram daun genjer segar, cuci hingga bersih dan di kukus setengah matang dan dimakan sebagai lalapan, hal ini akan membuat nafsu makan anda kembali seperti dulu lagi.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tumbuhan genjer ini kaya akan serat, tentunya hal ini sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan agar tetap lancar dan sehat. Tidak hanya sebatas itu, ternyata daun genjer mengandung flavanoid. Flavanoid ini berperan sebagai anti kanker, dan kabar yang mencengangkan lainnya ternyata senyawa anti kanker yang ditemukan dalam tumbuhan genjer tidak hanya flavanoid melainkan Polifenol yang juga dapat mencegah kanker.bahkan kandungan Polifenol juga dapat mencegah penyakit jantung  dan juga mencegah dari radikal bebas yang sering masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam cara serta dapat membantu sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.
 Dari uraian singkat diatas dapat disimpulkan bahwa tumbuhan genjer mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, hal ini dikarenakan kandung gizi dan nutrisi didalamnya sangat baik untuk menjaga tubuh tetap fit dan terbebas dari radikal bebas yang selalu masuk kedalam tubuh melalui berbagai macam cara. Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat dan jangan pernah menganggap sebelah mata tumbuh-tumbuhan yang hidup subur di negeri ini, karena sangat diyakini tumbuh-tumbuhan tersebut mempunyai manfaat yang besar.

Sumber :
http://keranjang-buah.blogspot.com/2013/06/manfaat-sayur-genjer.html
http://www.smallcrab.com/kesehatan/280-kandungan-sayuran-genjer
http://id.wikipedia.org/wiki/Genjer

1 komentar: