Senin, 27 April 2015

Indonesia Sehat dan Kuat Bersama BAYAM



Salah satu sayur favorit yang sangat kita kenal adalah bayam, bayam memang sangat lezat untuk di konsumsi selain itu cara memasaknya yang tergolong mudah membuat bayam laris manis di pasaran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bayam dan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya serta manfaatnya untuk kesehatan. Bayam mempunyai nama latin Amaranthus spp., tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropik, namun karena beberapa factor tumbuhan ini tersebar di seluruh penjuru dunia.


Secara garis besar, bayam dibagi ke dalam dua kelompok besar, pertama bayam petik dan bayam cabut. Yang dimaksud bayam petik mempunyai ciri-ciri, berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (mencapai dua meter) dan daunnya bisa digunakan sebagai lalapan. Yang kedua adalah bayam cabut, bayam ini mempunyai daun lebih kecil dan waktu tanam cukup singkat, hanya 25 hari saja sudah dapat dipanen.
Berbicara mengenai kandungan gizi dalam bayam, bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi dibanding dengan sayuran lainnya, selain itu bayam memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan tersebut diantaranya Vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, kalsium, serat, protein dan bayam terkenal dengan sayuran rendah kalori. Dari kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat kompleks tersebut maka bayam mempunyai beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh kita.
Mendengar kata penyakit kanker tentu membuat bulu kuduk kita merinding dan merasa khawatir kalau penyakit tersebut menyerang kita. Karena sampai sejauh ini penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Namun bayam mempunyai satu zat yang dipercaya dapat mencegah kanker, zat tersebut adalah flavanoid yang efektif mencegah kanker payudara pada wanita dan kanker prostad pada pria.
Jantung merupakan organ tubuh vital manusia, mempunyai jantung sehat merupakan keharusan untuk manusia agat bisa hidup sehat. Namun gaya hidup yang kurang memperhatikan asupan makanan membuat kita berpotensi terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, untuk menangkal terjadinya penyakit jantung, mulai sekarang dianjurkan rajin mengkonsumsi bayam, karena bayam mengandung Vitamin A, C dan Folat serta Magnesium yang sangat baik menjaga kesehatan jantung kita.
Kandungan vitamin A dan Lutein dalam bayam sangat baik untuk mata, jadi mengkonsumsi bayam dapat berdampak positif terhadap kesehatan mata bahkan bayam dipercaya dapat mencegah terjadinya katarak. Tidak hanya itu, bayam juga dikenal sebagai sayuran kaya akan serat, sebagaimana kita tahu bahwa serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan bisa menangkal segala bentuk gangguan pencernaan.
Manfaat lain dari bayam adalah untuk mencegah anemia, karena bayam mengandung zat besi yang dapat memproduksi sel darah merah yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kekurangan sel darah merah membuat kita gampang terkena anemia, walaupun anemia bukan penyakit mematikan namun sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas kerja.
Bukan rahasia umum lagi kalau kekurangan kalsium bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan tulang dan sendi. Oleh karena itu sangat dianjurkan rutin memakan bayam untuk mencegah hal tersebut di atas, karena bayam mengandung kalsium yang cukup banyak.
Setelah tadi kita membahas mengenai manfaat bayam untuk kesehatan, alangkah baiknya jika kita membahas mengenai cara memasak dan mengkonsumsi bayam yang sehat. Agar bisa maksimal mendapatkan khasiat bayam maka setelah dimasak hendaknya jangan terlalu lama didiamkan, hendaknya segera di konsumsi, jangan lebih dari 5 jam setelah dimasak. Oleh karena bayam tinggi kandungan serat, maka jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan kembung, perut bergas dan kram
Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk menyehatkan Bangsa Indonesia.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bayam
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2013/10/khasiat-mengejutkan-bayam-bagi-tubuh.html
http://manfaat.co.id/manfaat-bayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar