Minggu, 01 Desember 2013

Seputaran Permasalahn Sulit Tidur (Efek dan Solusi)

Anda pasti pernah mepun pekerja pasti akan sangat tidak menyukai yang namanya sulit tidur, Karena dengan sulit tidur maka otomatis jam tidur kita akan berkurang. Dan jika jam tidur berkurang maka akan ada efek lanjutan dari hal tersebut yang tentunya akan sangat mengganggu. 

Ada beberapa efek negatife dari sulit tidur yang bisa merusak hari anda, menurut penjelasan youbeauty.com dan majalah shape yang dikutip oleh republika.com menyebutkan kalau kurang tidur itu bisa menyebabkan orang cenderung berperilaku aneh bahkan dengan orang dekat sekalipun. Dan tidak hanya itu saja, sulit tidur akan membuat produktivitas anda menurun di pagi harinya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan agustus yang lalu, yang dilakukan oleh ilmuan dari UCB Berkeley mengungkapkan sebuah fakta bahwa lobus frontalis atau bagian otak besar bagian depan yang menjadi pusat komando dalam hal pengambilan keputusan kompleks menjadi turun kinerjanya karena tubuh tidak mendapatkan jatah istirahat total. 

Selain itu juga sulit tidur atau kurang tidur dapat menyebabkan stress tinggi pada diri anda, dalam sebuah studi pada bulan Februari 2013 dari University of Surrey Inggris, menyebutkan tidur kurang dari enam jam per malam akan mengganggu sebuah hormon yang berfungsi pengatur stress.Jika hormon ini sudah tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya maka otomatis anda akan mengalami stress yang disusul efek lainnya seperti mudah marah, kurang konsentrasi dan tidak fokus. 

Setelah tadi kita membahas mengenai dampak sulit tidur di malam hari atau juga dalam istilah lainnya kurang tidur terhadap aktivitas kita di pagi harinya. Maka pada alenia berikutnya akan dijelaskan mengenai makanan dan minuman yang harus dihindari agar masalah sulit tidur di malam hari dapat teratasi.

Yang pertama yang harus dihindari adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein. Semua masyarakat sudah mengetahui apa itu kafein, namun banyak dari kita hanya menganggap kafein itu terkandung dalam segelas kopi atau sebotol soda saja, namun perlu diketahui bahwa kafein itu juga bisa berasal dari teh dan obat-obatan yang dijual bebas. Solusinya adalah jika memang ingin mengkonsumsi kafein yang terdapat dari berbagai macam sumber tersebut maka, konsumsilah 8 jam sebelum jam sebelum tidur, dengan waktu seperti itu maka efek kafein akan hilang jika akan memasuki jam tidur anda. 

Minuman berikutnya adalah alkohol, walaupun sebagian masyarakat menganggap mengkonsumsi alkohol dapat membuat anda rileks dan bisa membantu anda tertidur, namun hal tersebut dibantah oleh sebuah riset yang membuktikan alkohol menyebabkan seseorang sering terbangun di malam hari, selain itu alkohol juga menyebabkan frekuensi tidur REM berkurang. Padahal tanpa tidur (Rapid Eye Movement) REM mata tidak akan menutup. Solusinya adalah batasi konsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan jarak 1-2 jam sebelum tidur.

Mengkonsumsi air putih yang banyak adalah salah satu pola hidup sehat, selain dapat mengurangi membersihkan tubuh dari radikal bebas yang menempel di tubuh, air juga bisa membantu mengurangi berat badan. Namun perlu untuk diketahui bahwa jika tubuh kita memiliki air berlebihan di malam hari makan akan menyebabkan mudah terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Kondisi ini tentunya mengganggu kondisi tidur, terutama jika sudah memasuki tahap REM. Solusinya adalah mimumlah air atau air putih satu jam sebelum tidur, hal ini dapat menghindari anda dari terbangun di tengah malam. 

Tyramin adalah asam amino yang merangsang kerja otak bekerja terus sepanjang malam. Oleh karena itulah menghindari makanan yang tyramin adalah salah satu cara agar tidur pulas. Tyramin dihasilkan dari makanan yang disimpan terlalu lama dan atau makanan ydari hasil fermentasi seperti keju, ikan asap, daging olahan dan lain sebagainya. 

Itulah tadi makanan dan minuman yang harus dihindari jika ingin tidur nyenyak, penting rasanya untuk memaksimalkan waktu tidur malam kita, karena efek yang dirasakan jika sulit tidur atau kurang tidur di malam hari yang begitu besar, baik bagi anda, keluarga dan diri sendiri. Jangan sampai karena kurang tidur akan membuat anda mudah marah, tidak fokus dan konsentrasi ketika berangkat kerja dan bekerja. 

Sumber :
http://health.detik.com/read/2013/08/02/180124/2323140/763/3/10-efek-negatif-tak-terduga-akibat-kurang-tidur
http://www.hdindonesia.com/tips-sehat/sulit-tidur-perhatikan-makanan-berikut
http://www.republika.co.id/berita/humaira/ibu-anak/13/10/11/muh5cm-3-dampak-buruk-kurang-tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar