Selasa, 03 Desember 2013

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sebuah pemikiran yang logis dan umum ketika para orang tua menginginkan anaknya jauh lebih baik dari mereka. Ruang lingkup jauh lebih baik itu mempunyai pengertian bahwa orang tua akan mengupayakan secara maksimal sehingga anak-anaknya mempunyai pendidikan yang lebih tinggi dari mereka, perekonomian yang lebih baik dan juga tingkat kecerdasan yang lebih baik, kondisi fisik yang lebih baik dan lain sebagainya. 

Apabila kita mengamati aspek-aspek yang menjadi harapan orang tua agar anaknya jauh lebih baik itu mempunyai satu kata kunci atau satu sumber permasalahan, sumber dari aspek tersebut adalah bagaimana orang tua dapat memenuhi kebutuhan gizi anaknya secara maksimal, sehingga diharapkan aspek-aspek tersebut di atas dapat terwujud.

Harus diakui bahwa kebutuhan gizi bagi seorang anak akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut secara keseluruhan, seperti terhadap penglihatan, tulang, kecerdasan dan lain sebagainya. Jika orang tua menginginkan anaknya lebih baik secara fisik dan non fisik maka orang tua harus memperhatikan asupan gizi mulai dari kehamilan istri atau masa mengandungi. 

Seorang Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Petanian Bogor, Prof. Ir. Hardiansyah, MS., menyatakan kapasitas dan karakter seseorang di kemudian hari ditentukan dari proses bagaimana dia dibesarkan. Hal tersebut termasuk juga bagaimana kualitas gizi dan stimulasi yang didapatkan sejak kecil bahkan dari dalam kandungan. Gizi berpangaruh terhadap pertumbuhan janin. Sejak hamil sangat dianjurkan seorang ibu untuk memaksimalkan asupan gizi-nya, hal ini bertujuan agar pertumbuhan sel otak dapat maksimal.
Dalam sumber lain menyebutkan asupan gizi atau nutrisi yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, walaupun banyak orang beranggapan kalau karbohidrat adalah sebagai pemicu kegemukan, namun perlu diketahui bahwa zat ini berfungsi dalam menyeimbangkan asupan nutrisi agar ibu hamil memperoleh kenaikan berat badan pas dan mempunyai cukup energi ketika melahirkan. Kekurangan asupan karbohidrat hanya akan membuat ibu hamil lapar dan akan mengkonsumsi atau ngemil makanan tidak sehat. Di Indonesia sangat mudah mendapatkan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik, makanan tersebut diantaranya beras, kentang, jagung dan gandum. 

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium adalah hal yang penting harus dilakukan bagi ibu hamil, karena kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan kalsium akan berpengaruh pada ibu dan juga janin yang dikandungnya. Bagi ibu yang anti dengan susu, tidak usah khawatir karena sekarang terdapat banyak pilihan atau varians susu dan juga mempunyai rasa yang beranekaragam.
Mengkonsumsi ikan adalah tindakan cerdas berikutnya. Karena ikan mengandung zat atau nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin, selain mengandung protein, ikan juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan selenium. Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya ikan mengandung asam omega 3 yang sangat baik untuk kecerdasan anak. Ikan laut adalah ikan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, jenis ikan tersebut diantaranya adalah kembung, tongkol, tuna dan kakap. Ikan tersebut sangat mudah di dapat di pasaran dan harganya terjangkau. 

Protein sangat dibutuhkan oleh manusia apalagi ibu hamil, bagi ibu hamil membutuhkan sekitar 60 gram per hari. Fungsi protein adalah membangun sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Sumber protein yang mudah di dapat dan sehat adalah daging ayam, daging merah, ikan, susu, telur dan kacang-kacangan atau yang lebih terkenal dengan istilah tahu dan tempe. 

Jika dalam kondisi hamil, jangan sekali-sekali untuk berfikir membatasi kalori yang masuk ke tubuh. Karena anda sekarang bukan lagi mengikuti program diet, melainkan anda sekarang sedang mengandung calon pemimpin bangsa yang harus sehat dan cerdas. Buah dan sayuran adalah jenis makanan yang baik lainnya, karena dalam sayur dan buahan terkandung manfaat yang sangat besar. (silahkan baca artikel sebelumnya tentang manfaat buah dan sayuran). 

Salah satu penyebab bayi lahir premature adalah kadar cafein yang berlebihan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Walau anda seorang penggemar kopi sejati, namun usahakan kurangi minum kopi saat hamil. Jangan mengorbankan janin anda demi kepuasan menikmati kopi. Jumlah ideal kopi yang boleh dikonsumsi adalah 2 gelas per hari. 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin, sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk memperhatikan pola makan atau asupan gizi atau nutrisi lainnya agar abyi yang lahir dapat sehat secara fisik dan psikis. Untuk sumber makanan yang dianjurkan di atas adalah makanan yang mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau, kami sengaja mencari referensi sumber makanan yang mengandung nilai gizi dan nutrisi yang baik, namun mudah didapatkan dan murah harganya, bukankah sehat itu mudah dan murah.
sumber:
http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2013/10/gizi-agar-buah-hati-sehat-dan-cerdas.html http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/-/-/tujuh.asupan.makanan.penting.untuk.ibu.hamil/001/001/1352/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar