Rabu, 18 Desember 2013

Manfaat Yang Terpendam Dari Ketawa

Ketawa adalah sebuah ekspresi bahagia atau lucu yang muncul ketika mendengar sesuatu ataupun melihat sesuatu. Ketawa yang baik ketawa tanpa rekayasa atau buatan, atau dengan kata lain ketawa yang baik adalah ketawa yang dilakukan secara spontan. Saya yakin anda yang membaca artikel ini adalah orang yang hobi ketawa. Perlu untuk diketahui bahwa ketawa mempunyai berbagai macam khasiat yang akan membuat anda lebih sehat dan panjang murah secara alami dan tentunya murah dan mudah.

Anda pasti terkejut ketika mengetahui bahwa ketawa adalah herbal alami yang selama ratusan tahun telah digunakan untuk pengobatan, karena efek fisiologis ketawa sangat bermanfaat untuk mental dan jiwa setiap manusia. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia yang berada di lingkungan serba cepat dan tingkat stress tinggi seperti di kota besar.

Baiklah kita akan langsung ke pokok bahasan mengenai khasiat dari ketawa, pertama ketawa bermanfaat untuk mencegah berkembangnya hormon penyebab stress dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu dengan tertawa akan membuat otot diafragma lebih kencang sehingga membuat jantung kita sehat, manfaat lainnya adalah tertawa dapat membentuk pikiran positif dan dapat menghilangkan emosi, stress dan pikiran negative lainnya. 

Bagi anda yang sedang mengikuti program diet, tidak ada salahnya menjadi ketawa sebagai menu program diet anda, tahukah anda kalau ketawa selama 15 menit dapat membakar 50 kalori dalam tumbuh, orang yang hobi tertawa cenderung lebih sehat dan mempunyai kekebalan tubuh yang lebih baik dari serangan penyakit dan tertawa membuat kita lebih optimis sehingga membuat kita memiliki peluang untuk mempunyai umur yang lebih panjang. 

Oleh karena begitu banyak manfaat tertawa bagi manusia maka penelitian tentang manfaat tertawa terus berkembang dan salah satu yang ternama adalah EPS (escape from Stress). Ini adalah sebuah manajemen dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, pencegahan terhadap penyakit yang mematikan seperti stroke, jantung, kanker hingga gejala neurosis. EPS dilakukan dengan teknik relaksasi, latihan pernafasan dada dan perut, meditasi dan tentunya terapi tertawa. 

Secara ilmiah tertawa dapat merangsang pengeluaran endorphin dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga melatonin. Ketiga zat ini adalah zat yang sangat baik untuk otak sehingga kita bisa merasa lebih tenang. Tidak hanya membuat kondisi lebih tenang, namun ketawa juga bisa bermanfaat untuk hal yang lainnya, sperti yang diungkapkan oleh Rosemary Cogan dari Texas Tech University yang menyatakan bahwa rasa nyeri akan berkurang setelah tertawa dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Sedangkan menurut Dr. William Foy dari Stanford University menyebutkan bahwa dengan tertawa terbahak-bahak dapat menggoyang-goyangkan otot perut, bahu, dada serta pernafasan yang akan membuat tubuh seolah joging di tempat, sehingga membuat tubuh lebih lebih rileks dan nyaman seolah habis olahraga. Selain itu menurut beliau tertawa dapat menghilangkan sakit pinggang, kepala dan depresi.

Sebenarnya masih banyak lagi hasil penelitian yang menjelaskan manfaat ketawa bagi kesehatan mental dan fisik, namun karena keterbatasan waktu, maka hanya beberapa hasil penelitian saja yang ditulis. Namun pada intinya tertawa sangat baik dilakukan untuk mencegah ataupun mengobati berbagai macam penyakit seperti di atas, setidaknya dengan tertawa membuat anda lebih nyaman dan terhindar dari stress yang sangat sering menghampiri orang-orang yang bekerja di kota besar. Semoga artikel yang sedikit ini dapat bermanfaat. 

Sumber :
 http://www.akusehatku.com/2013/08/10-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan.html http://www.terapitertawa.com/?manfaat-terapi-tertawa,53

Tidak ada komentar:

Posting Komentar