Jumat, 01 Mei 2015

Kacang Panjang Untuk Umur Panjang



Kacang bisa dikatakan jenis sayuran yang selalu ada atau tersedia di pasar walaupun musim hujan atau panas. Sebagai tanaman yang subur di ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, membuat tanaman ini mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Walaupun mudah tumbuh di hampir semua daerah di nusantara dan mudah dijumpai di pasaran, namun peminat dari tumbuhan yang berbentuk memanjang ini masih kurang dibanding sayuran lainnya. 


Bicara soal rasa, kacang panjang mempunyai cita rasa yang cukup enak untuk dimakan, baik setelah diolah ataupun untuk lalapan. Dan berbicara mengenai kandung gizi pada si panjang hijau ini ternyata mempunyai kandungan gizi yang sangat luar biasa banyak dan kandungan gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin tersebut diantaranya adalah vitamin B1 dan B2, Fosfer, Zat Besi, Riboflavin. Dalam sebuah table kandungan gizi dan nutrisi kacang panjang yang bersumber dari sebuah web dijelaskan bahwa, kacang panjang mengandung gizi / 125 gram (sajian) sebagai berikut :
gizi kacang panjang
Hal ini tentunya sangat mencengangkan, karena siapa sangka tanaman kacang panjang mempunyai kandungan gizi yang begitu komplit dan dalam persentase yang cukup besar. Dari kandungan gizi tersebut maka dapat di tindaklanjuti bahwa tanaman ini mempunyai beberapa manfaat, diantaranya yaitu untuk mencegah diabetes.  Oleh karena kacang panjang rendah akan kalori dan gula maka mengkonsumsi kacang panjang akan mencegah resiko terkena diabetes.
Dengan 22 % kandungan vitamin K /125 gram, (sajian) menjadikan kacang panjang sebagai sumber vitamin K terbaik, dan fungsi dari vitamin ini adalah untuk mencegah terjadinya pengerasan dalam pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah dapat menyebabkan penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Jadi jika ingin jantung sehat maka harus rajin mengkonsumsi kacang panjang.  Selain itu ternyata vitamin K mampu mencegah terjadinya osteoporosis dan kelainan pada tulang, terlebih lagi kacang panjang juga mengandung mangan sebesar 18%.
Dengan pola kehidupan seperti sekarang ini membuat kita sangat rentan terkena efek buruk radikal bebas yang masuk melalui berbagai macam cara ke tubuh kita. Namun dengan rajin mengkonsumsi kacang panjang maka hal yang dikhawatirkan di atas akan hilang, karena kacang panjang mengandung zat antioksidan yang banyak. Tidak hanya mengandung zat anti oksidan yang lazim dikenal yakni vitamin C dan beta-karotin, ternyata kacang panjang juga mengandung karotenoid dan flavanoid yang juga berperan aktif untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari tumbuhan kacang panjang, seperti untuk imunitas, membentuk sel darah merah, pencernaan dan lain sebagainya. Namun karena keterbatasan waktu dan lain sebagainya maka, saya intisarikan beberapa hal yang penting dan wajib diketahui masyarakat. Saya berharap mulai sekarang jangan lagi menganggap remeh kacang panjang, walaupun harganya murah namun bisa membuat umur panjang.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_panjang
http://manfaatdaunku.blogspot.com/2014/11/nutrisi-dan-manfaat-kacang-panjang.html
http://manfaat.co.id/manfaat-kacang-panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar