Senin, 04 Mei 2015

Kubis Yang Bikin Hidup Manis



Tanaman satu ini tergolong dalam kelas sayuran dan tergolong sayuran dengan harga merakyat dan sangat mudah ditemukan di pasaran. Sayuran ini mempunyai nama ilmiah Brassica oleraece L, atau yang lazim disebut di Indonesia dengan nama kol atau kubis. Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat, walau teori itu belum ada bukti real yang mendukung. Nama kubis sendiri berasal dari bahasa Perancis chou cabus atau diartikan dalam bahasa Indonesia yakni kubis kepala sedangkan sebutan lain kubis yakni kol berasal dari bahasa belanda kool.



Saya yakin anda sudah sangat dekat dah paham mengenai bentuk dan jenis tanaman ini, oleh karena itu saya tidak akan membahas mengenai bentuk dan jenis tanaman ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kandung gizi kubis serta manfaatnya bagi kesehatan serta pantangan dalam mengkonsumsi kubis, artikel ini akan mengacu pada beberapa web yang di intisarikan menjadi satu bacaan yang mudah dipahami dan dimengerti.
Kandung vitamin yang terdapat dalam kubus adalah vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan juga Vitamin E. Diantara beberapa kandungan vitamin tersebut, vitamin C mempunyai persentase cukup tinggi dalam kubis. Selain mengandung vitamin, kubis juga mengandung Mineral yang baik untuk tubuh, seperti kalium, kalsium, fosfor, natrium dan besi. Tidak hanya itu, kubis juga mengandung senyawa glutation, manfaat dari senyawa dan kandungan vitamin serta mineral yang ada dalam kubis akan kita bahas satu persatu.
Kita semua sudah mengetahui manfaat dari vitamin C, salah satu manfaat dari vitamin C adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan kandungan vitamin C dalam kubis jauh lebih besar dari kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk. Jadi bagi anda yang tidak begitu suka dengan rasa asam, mungkin dapat mengkonsumsi kubis sebagai sumber vitamin C.
Kanker merupakan penyakit yang mematikan, cara kerja kanker dalam menyerang tubuh membuat kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia, ada berbagai macam jenis kanker dan berbagai macam pula teknik penyembuhannya, namun hal yang paling bijak adalah mencegah timbulnya kanker. Salah satu cara pengcegahan yang efektif adalah dengan mengkonsumsi kubis, karena tanaman ini mengandung lupeol, sinigrin, diindolymethane, indole-2 carbinol (i3c) dan sulforaphane, senyawa tersebut diyakini dapat membantu pertahanan enzim dan menghambat tumor. Selain itu kandung glutation mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh yang di sinyalir menjadi penyebab cepatnya proses rusaknya organ tubuh oleh kanker atau tumor.
Untuk anda yang mempunyai masalah dengan penglihatan atau ingin penglihatannya tetap bagus, maka ada baiknya rajin mengkonsumsi kubis, karena sayuran ini mengandung beta karoten. Senyawa ini dapat membantu mempertajam daya lihat mata sekaligus menangkal katarak dan mencegah penurunan daya lihat bagi yang sudah tua.
Mungkin ini cara diet yang paling asik dan tidak menyiksa. Ternyata kubis juga bisa untuk diet sehat dan tidak menyiksa caranya cukup mudah. Karena satu cangkir atau mangkok kubis hanya mengandung 33 kalori, itulah sebabnya orang yang diet sup kubis dapat makan dalam jumlah banyak tanpa takut kenaikan berat badan
Akhir-akhir ini kita sangat sering mendengar penyakit Alzheimer, Alzheimer  adalah sebuah penyakit yang menyerang sel-sel otak pada saat bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil, sehingga fungsi atau kinerja otak jauh menurun, dan ternyata kubis merah dapat mengurangi penyakit tersebut, hal ini dikarenakan kubis merah mengandung vitamin K dan anthocyanin. Anthocyanin adalah anti oksidan untuk membantu mengurangi plak pada otak sehingga bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer.
Selain bermanfaat untuk mencegah bahkan mengobati beberapa penyakit  di atas, kubis juga mempunyai khasiat untuk memperlancar fungsi pencernaan,  menghaluskan kulit, anti peradangan, untuk nyeri oto dan lain sebagainya. Walau harus diingat mengkonsumsi kubis dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan kembung. Karena kubis mengandung zat-zat goitorogen.
Itulah sekilas info mengenai kandungan gizi dan nutrisi lainnya dalam kubis, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua,. Salam Indonesia Hijau, Indonesia Sehat.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Alzheimer
http://www.aura-ilmu.com/2013/01/Kubis-Sayuran-Yang-Memiliki-Banyak-Manfaat-Untuk-Kesehatan.html
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2014/01/manfaat-kagum-kubis-kesehatan-tubuh.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kubis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar