Minggu, 10 Mei 2015

Mengungkap Misteri Kentang Yang Tersembunyi



Salah satu tumbuhan umbi-umbian yang bisa dijadikan lauk untuk makan adalah kentang. Kentang merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang mempunyai nama latin Solonum tuberosum L.walaupun tanaman ini berasal dari Amerika Latin dan popular di Eropa namun di Indonesia tanaman ini sudah menjadi makanan pokok dan di budidayakan serta menjadi mata pencarian masyarakat di Indonesia (petani kentang).

Pada artikel kali ini kita akan kupas tuntas mengenai kandungan gizi dan mineral yang ada pada kentang. Kentang mengandung kalium, kalium pada kentang cukup besar, dalam satu buah kentang mengandung  1.600 mg kalium. Jumlah kalium tersebut merupakan 50 persen dari kebutuhan kalium per hari yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun perlu diingat agar mendapatkan unsur kalium yang maksimal maka makanlah  kentang beserta kulitnya. Selain kalium kentang juga mengandung serat, jumlah serat dalam sebuah kentang adalah 7 gram atau seperempat dari kebutuhan serat per hari untuk tubuh.
Mangan merupakan kandungan nutrisi lainnya yang ada pada kentang, jumlah mangan pada kentang yang berukuran besar adalah 33% dari kebutuhan mangan sehari-hari. Seperti kebanyakan tumbuhan atau tanaman lainnya, kentang juga mengandung vitamin C, dalam sebuah kentang berukuran besar terdapat setengah dari seluruh kebutuhan vitamin C untuk tubuh, jadi siapa sangka kalau kentang mengandung vitamin C sangat besar. Kandungan vitamin B6 juga terdapat dalam kentang, kandungan vitamin B6 dalam kentang sekitar 46 % dari seluruh kebutuhan vitamin B6 oleh tubuh.
Setelah tadi kita bahas mengenai kandungan vitamin dan nutrisi dalam kentang (kentang beserta kulitnya) maka sekarang kita akan membahas manfaat dalam sebuah kentang.  Kentang bisa bermanfaat untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah, hal ini dikarenakan kandungan kalium yang besar dalam kentang. Protein dan serat dalam kentang bermanfaat untuk membuat rasa kenyang lebih lama dalam tubuh, jadi bisa digunakan untuk diet, selain itu serat berfungsi untuk menurunkan kolestrol dan efek lanjutannya yaitu serangan jantung dan diabetes.
Untuk anda yang sedang mengikuti program pembentukan tubuh, mangan yang ada dalam kentang dapat berfungsi sebagai pengolahan protein. Jadi mangan bisa memaksimalkan asupan protein yang kita konsumsi. Kandungan vitamin C dan B6 yang cukup banyak dalam kentang bisa berfungsi sebagai antioksidan dan mempercepat penyembuhan. Selain itu vitamin B6 berfungsi untuk membantu kinerja kardiovaskular dan untuk kekebalan tubuh.
Dalam referensi lain, disebutkan kentang mengandung viyamin B5 (asam pantotenat) dan jenis vitamin B lainnya seperti niacin dan tiamin. Kandungan vitamin B5 berfungsi untuk memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati. Jadi vitamin B5 bisa memaksimalkan fungsi hati sehingga tubuh senantiasa sehat selalu. Namun perlu diingat, ke semua kandungan vitamin dan nutrisi lainnya di atas akan sangat maksimal di dapat dengan mengkonsumsi kentang beserta kulitnya.
Demikianlah sedikit informasi mengenai kentang dan manfaatnya, jangan pernah menganggap remeh dan kampungan tumbuh-tumbuhan yang ada di nusantara ini, karena tumbuh-tumbuhan itu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita.
Sumber :
http://health.liputan6.com/read/2094895/5-manfaat-makan-kentang-beserta-kulitnya?p=2
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-kentang-rebus.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kentang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar