Jumat, 29 November 2013

Jangan Hancurkan Hari Anda Dengan Bau Mulut



Setiap orang pasti menginginkan sebuah penampilan yang menarik. Tapi bagaimana jika lawan bicara anda seolah menghindar ketika berbicara dengan anda, padahal pakaian yang anda pakai sudah sangat bagus, dan mahal harganya. Lantas apakah penyebab lawan bicara kita menghindar ketika berbicara dengan kita ? Hal ini disebabkan oleh karena bau mulut yang timbul dari mulut kita yang membuat tidak nyaman lawan bicara. 

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai cara mudah untuk menghilangkan bau mulut yang bisa membuat gagal semua rencana anda, namun sebelum kita melangkah lebih jauh, saya akan menjelaskan pengertian bau mulut tersebut. Bau mulut atau dalam bahasa kedokteran Halitosis adalah bau tidak sedap ketika penderita menghembuskan nafasnya. Penyebab bau mulut atau halitosis adalah makanan atau zat tertentu yang telah ditelan atau dihirup atau oleh fermentasi bagian-bagian makanan dalam mulut.

Sumber lain menyebutkan kalau senyawa volatile sulfur (VSC) seperti hydrogen sulfide, metal merkaptan dan dimentil sulfide merupakan gas-gas yang berhubungan dengan halitosis. Peningkatan konsentrasi sulfer di dalam rongga mulut diakibatkan oleh reaksi metabolis yang menghasilkan gas H2S (hydrogen sulfide) dan NHZ dari pembusukan sisa-sisa makanan dan jaringan nekrotik yang terbentuk dan suplai darah yang berkurang menyebabkan kadar O2 juga berkurang di daerah infeksi. Bau mulut dapat berbeda setiap hari bahkan setiap jamnya tergantung pada aliran saliva, sisa makanan, populasi bakteri di dalam mulut dan kondisi hormon fisiologis.

Setelah tadi kita membahas mengenai apa yang dimaksud dengan bau mulut, dan juga penyebab terjadinya bau mulut. Maka kita akan lebih memfokuskan bahasan pada bagaimana cara untuk menghilangkan bau mulut yang membuat kacau obrolan anda, Ada beberapa tips mudah untuk menghilangkan bau mulut, cara tersebut saya yakini tidak akan menguras duit anda , karena sehat itu mudah dan murah.

Cara pertama untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan menyikat gigi dan lidah minimal dua kali sehari, untuk aturan yang baik maka sikatlah gigi dan lidah anda pada saat bangun tidur, setelah akan makan dan sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk membersihkan gigi dan lidah anda dari sisa makanan yang mengandung bakteri yang bisa menyebabkan atau menimbulkan bau kurang sedap dan membuat lawan bicara merasa terganggu. Jika gigi anda mempunyai rongga, maka anda juga harus mengeluarkan sisa makanan yang menempel dengan tusuk gigi yang terbuat dari bambu atau kayu, hal ini bertujuan untuk mengurangi infeksi pada mulut anda.

Berikutnya adalah dengan membasahi mulut. Bau mulut terjadi karena mulut yang kering dan hal ini memicu perkembangan bakteri di mulut. Jika anda tidak bisa terus menerus membuat mulut anda basah karena air, maka cobalah untuk mengunyah permen karet. Dengan begitu mulut akan memproduksi  air liur untuk menjaga kelembaban mulut dan mengurangi bakteri yang ada di rongga mulut.

Selain itu, cara menghilangkan bau mulut adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, karena vitamin C dapat mencegah tumbuh kembangnya bakteri jahat pada rongga mulut penyebab bau mulut. Anda dapat memakan buah-buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, strawberi, ceri dan lain sebagainya.
Tidak hanya buah-buahan yang dapat mencegah terjadinya bau mulut, beberapa jenis rempah juga diyakini mampu mencegah bau tidak sedap di rongga mulut. Rempah-rempah tersebut diantaranya kapulaga, cengkeh dan beberapa jenis lainnya yang sifatnya menyegarkan.

Demikianlah artikel ini semoga dapat bermanfaat. Walaupun bau mulut bukanlah penyakit yang mematikan seperti jantung dan kanker, namun efek dari bau mulut sangat merugikan kita. Bayangkan jika anda seorang marketing yang sedang presentasi produk kepada calon konsumen, walaupun presentasi anda bagus, namun jika ada gangguan bau mulut, saya yakin anda akan gagal menyakinkan calon konsumen tersebut untuk menggunakan produk anda. Dan masih banyak contoh kasus yang membuktikan kalau bau mulut sangat mengganggu dan harus dihentikan. Terakhir saya ucapkan selamat mencoba, dan yakinlah sehat itu mudah dan murah.

sumber :
http://www.artikelhidupsehat.com/623/cara-menghilangkan-bau-mulut.htm
http://medicastore.com/penyakit/486/Bau_Mulut_%28Halitosis%29.html
http://tugasakhiramik.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-etiologi-halitosis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar