Sabtu, 09 November 2013

Cara Mudah Untuk Pola Hidup Sehat

Di tengah kehidupan seperti sekarang ini, lapisan ozon semakin menipis, dan semakin banyaknya polutan atau zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita melalui berbagai macam cara, tentunya membuat kita rentan akan terkena penyakit, hal ini tentunya harus kita tanggapi dengan membuat pola hidup sehat dan pola hidup sehat tersebut tentunya harus kita jalani secara berkesinambungan. 


Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah electron dari pasangan electron bebasnya atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovelan. Akibat pemecahan homolitik, suatu molekul akan terpecah menjadi radikal bebas yang mempunyai elektron tak berpasangan. Elektron memerlukan pasangan untuk menyeimbangkan nilai spin-nya, sehingga molekul radikal menjadi tidak stabil dan mudah sekali bereaksi dengan molekul lain, membentuk radikal baru. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultraviolet, zat pemicu radikal dalam makanan dan polutan lain. 

Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung, kanker dan katarak dan menurunnya fungsi ginjal. Pengertian Pola Hidup Sehat yaitu hidup dengan gaya yang lebih fokus kepada kesehatan, baik itu melalui perilaku, makanan, bahkan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan menuju hidup sehat baik jasmani ataupun rohani. Jadi gaya hidup seseorang lah yang menopang pola hidup sehat nya, karena dengan gaya hidup sehat maka pengertian pola hidup sehat secara otomatis lakukan. Jika gaya hidup sudah terbiasa meminum alkohol, merokok, mengkonsumsi obat kimia, narkoba, jalan malam setiap hari ini adalah contoh-contoh hidup yang tidak sehat dan berpengaruh terhadap kesehatan. Sedangkan menurut para ahli, pengertian Pola Hidup Sehat Menurut: 

Menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas / kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan, tentunya terhadap hal-hal baik. Setelah tadi kita membahas mengenai begitu rentan tubuh kita terkena radikal bebas melalui berbagai macam cara, dan juga hanya dengan pola hidup sehat kita dapat terhindar atau minimal mengurangi dampak negative dari radikal bebas, maka sekarang kita akan membahas jauh lebih dalam bagaimana atau langkah apa saja yang harus kita lakukan agar kita dapat menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat sangat mudah dilakukan dan tidak harus selalu mahal, karena sehat itu mudah dan murah. Namun satu hal yang harus digarisbawahi adalah kita harus konsekuen dan berkesinambungan dalam hal melakukan pola hidup sehat tersebut agar dapat hasil yang maksimal yaitu tubuh sehat dan segar selalu. 

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah atau kebiasaan yang harus dilakukan agar kita bisa menerapkan pola hidup sehat: Langkah yang pertama adalah Sangat disarankan untuk mengkonsumsi 8-10 gelas air per hari. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Selain itu juga mengkonsumsi air putih jauh lebih banyak dari pada minuman kemasan lainnya membuat anda akan jauh lebih bugar dan sehat, karena air putih dapat menetralisir kuman ataupun racun yang masuk ke tubuh dan dikeluarkan melalui urine, selain itu juga air putih dapat membersihkan ginjal dari zat kimia sejenis bahan pengawet dan lain sebagainya yang menempel di ginjal anda. 

Langkah berikutnya adalah perbanyak mengkonsumsi buah-buah segar, dengan kandungan vitamin yang begitu banyak serta mengandung dalam jumlah besarzat-zat yang dibutuhkan tubuh lainnya, maka sudah selayaknya kita rajin mengkonsumsi buah, waktu yang tepat untuk mengkonsumsi buah adalah ketika waktu makan atau sebelum makan, karena mengkonsumsi buah ketika habis makan, akan membuat energi dalam buah hanya akan disimpan dan tidak digunakan tubuh.. Satu informasi penting lainnya adalah jangan lupa mencuci buah akan kita konsumsi di air yang mengalir dan menggunakan cairan pembersih buah, hal ini bertujuan untuk mensterilkan kulit buah dari sisa pestisida ataupun zar-zat lainnya yang berbahaya untuk tubuh.

Tubuh kita sangat membutuhkan protein, protein berfungsi sebagai nutrisi untuk membentuk jaringan otot. Fungsi protein yang selanjutnya adalah sebagai zat pengatur. Protein membantu mengatur hormon-hormon yang berfungsi dalam proses pencernaan.. Manfaat lainnya dari protein adalah sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh. Karena begitu pentingnya fungsi protein untuk tubuh kita, maka kita perlu mencukupi kebutuhan protein setiap harinya. Oleh karena begitu besar manfaat protein dalam tubuh, sudah sewajarnya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Sumber protein terbagi menjadi dua yaitu sumber protein nabati dan hewani, adapun contoh sumber protein nabati adalah yang berasal dari kacang-kacangan ataupun produk olahannya seperti tahu dan tempe, selain itu juga ada brokoli dan bayam.

Sedangkan sumber protein hewani adalah ikan segar, udang, ikan teri, daging sapi, dada ayam dan juga telur. Mengkonsumsi makanan sehat dan minuman sehat saja tidak cukup untuk mencapai sebuah pola hidup sehat.

Ada hal-hal yang harus kita hindari dalam pola hidup sehat ini, hal-hal tersebut sangat mungkin sering anda lakukan diantaranya adalah sering minum-minuman kemasan atau kaleng yang mengandung karbonasi, hal ini harus kita kurangi karena dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang, selain itu juga kita menghindari makanan instan yang mengandung zat pengawet, karena zar pengawet tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan menjadi racun yang dapat merusak fungsi organ tubuh dan terakhir menguragi konsumsi gula, hal ini untuk menghindari terjadinya penyakit gula di usia senja. 

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa jika semakin banyak gerak maka tubuh kita akan semakin sehat, karena pembakaran lemak dan lain sebagainya dalam tubuh akan maksimal. Kalimat tersebut mengisyaratkan untuk kita melakukan olahraga yang rutin, walaupun anda adalah orang yang sangat sibuk, namun usahakan untuk berolahraga. Ada banyak contoh olahraga yang dapat anda lakukan jika anda adalah seorang yang sibuk, olahraga tersebut misalnya berlari, berjalan kaki mengelilingi komplek perumahan, bersepeda, push up dan sit up ataupun olahraga ringan lainnya yang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang lama. 

Demikianlah artikel tentang pola hidup sehat, semoga semenjak anda membaca artikel ini, anda langsung menerapkannya dan berkesinambungan, sehingga tubuh anda menjadi sehat, dapat bekerja secara maksimal dan terbebas dari penyakit akibat radikal bebas, baik itu dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Karena sehat itu milik semua dan sehat itu mudah dan murah. 

Sumber:
http://www.amazine.co/163/10-tips-sederhana-untuk-mencapai-hidup-yang-lebih-sehat/ http://polahidupuntuk.blogspot.com/2013/06/pengertian-pola-hidup-sehat-menurut-ahli_4626.html http://id.wikipedia.org/wiki/Radikal_bebas
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/06/sumber-protein.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar