Selasa, 05 November 2013

Pola Tidur Tepat Untuk Hidup Sehat

Tidur merupakan sebuah hal yang harus dilakukan oleh setiap yang bernyawa termasuk juga manusia, dengan tidur kita bias mengisi kembali energi yang hilang untuk kemudian beraktivitas kembali dengan semangat, dari berbagai macam sumber menyebutkan bahwa tidur baik itu tidur di malam atau siang hari mempunyai berbagai macam manfaat di antaranya dapat meningkatkan daya ingat otak manusia, selain itu juga dapat menurunkan tingkat stres pada manusia, hal ini tentunya sangat cocok untuk masyarakat kota yang penuh dengan aktivitas dan kerja yang menumpuk.


Waktu tidur yang dibutuhkan manusia sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental. Hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kebugaran kita pada dan kesiapan kita untuk melakukan aktivitas. 

Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam per-hari. Hal ini akan sangat mungkin terjadi karena kekurangan tidur ataupun terlalu berlebihan tidur akan mendatangkan penyakit yang akan mengancam kelangsungan hidup anda. Perlu diketahui bahwa kualitas waktu tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung seseorang. Hal ini disimpulkan oleh Birmingham, salah seorang peneliti dari Universitas Alabama, Amerika Serikat. 

Maka dari itu kita harus bisa mengatur waktu tidur dengan tepat, jangan buang waktu anda dengan begadang. Oleh karena itu Alan S Gertler salah seorang Profesor departemen penyakit kardiovaskular, beliau mengatakan kualitas waktu tidur yang ideal antara 6-8 jam di malam hari. Kalau kita bisa hitung berarti dimulai dari jam 10 Malam Hingga Waktu Subuh. Para lelaki sering kali mengabaikan hal ini. Terutama bagi penggila sepak Bola. Dengan terlalu sering begadang maka kualitas waktu tidur akan menjadi buruk, dan memicu peningkatan tekanan darah, hormon stres, toleransi glukosa lebih rendah, dan peningkatan berat badan. Semua faktor tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner. 

Jika Porsi Waktu tidur anda kurang dari enam jam umumnya dapat menyebabkan peningkatan protein C-reaktif (CPR) yang menjadi penanda peradangan pada arteri yang memperbesar risiko aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan terjadinya penumpukan plak yang akan menyumbat pembuluh darah manusia. 

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai porsi tidur yang ideal serta dampak yang dapat ditimbulkan dari kekurangan waktu tidur, sehingga aktivitas kita dapat berjalan dengan normal, kinerja dapat meningkat dan tentunya angka harapan hidup dapat meningkat. 

Sumber :
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/11/manfaat-tidur-siang-sehat.html
http://cookies.web.id/2013/02/porsi-tidur-yang-baik.html
http://rahasiaotakjenius.blogspot.com/2012/11/porsi-waktu-yang-baik-untuk-tidur.html#.Unm4h1MqPIU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar