Kamis, 07 November 2013

Makan-makanan Yang Baik Untuk Otak

Penting rasanya mengubah persepsi yang ada di masyarakat bahwa makan-makanan yang sehat adalah makan-makanan yang mahal dan harus diperoleh di tempat tertentu,dan oleh karena itulah saya berusaha mengintisarikan dari berbagai macam sumber tepercaya mengenai hidup sehat secara mudah dan murah termasuk juga dalam hal makan-makanan yang sehat dan murah serta mudah untuk didapatkan.



Pada kesempatan artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis makan-makanan yang sangat cocok untuk menutrisi otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. Otak sebagai pusat dari pada organ tubuh tentunya harus mendapatkan asupan yang layak, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan manfaat positif lainnya, bagi anda para orang tua atau baru ingin mempunyai buah hati, sangat dianjurkan membaca artikel ini, karena dengan meningkatkan kecerdasan anak maka anda telah berinvestasi yang luar biasa untuk masa depan anak anda. 

Berikut beberapa makanan yang dapat anda jadikan referensi untuk meningkatkan kecerdasan otak:

Sebagai referensi pertama adalah ikan. Ikan sangat baik untuk menutrisi otak kita. Di dalam tubuh ikan terdapat asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini banyak terdapat di ikan salmon, tuna dan sarden. Ada tiga jenis asam lemak omega 3 yang terdapat dalam makanan yang sangat cocok untuk tubuh, pertama adalah alpha linoleic acid (ALA), kedua eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Ketiga jenis asam lemak omega 3 ini terkosentrasi di otak dan muncul sebagai zat penting untuk kemampuan kognitif (ingatan dan penampilan), dan fungsi perilaku. 

Makanan berikutnya adalah pisang. Hampir semua orang menyukai pisang. Selain Pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng. Dan ternyata kalium (K) dan magnesium (Mg) sangat baik untuk otak karena mereka berfungsi untuk transmisi saraf di tubuh serta otak anda. 

Makanan yang ketiga yaitu bayam (Amaranthus). Bayam juga sangat baik untuk menutrisi otak anda. Di dalam bayam mengandung vitamin B9 yang berfungsi untuk meningkatkan memori yang dibutuhkan untuk mencerdaskan otak anda. Ternyata telur selain sebagai sumber protein dengan kandungan nutrisi terlengkap dibandingkan makanan sumber protein lainnya. Telur juga sangat baik untuk menutrisi otak kita. Karena di dalam telur mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk menutrisi otak kita. 

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, sudah banyak artikel ataupun penelitian yang menyatakan buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan. Buah alpukat sangat baik untuk menutrisi otak kita. Karena buah alpukat mengandung atau kaya akan vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan serta mampu melindungi otak dari penuan dini. 

Anda pasti mengenal sayuran yang satu ini, biasanya sayuran ini paling banyak dibuat sup karena khasiatnya yang luar biasa banyaknya maka sayuran yang satu ini laris manis di pasaran. Sayuran tersebut ialah brokoli, brokoli sangat baik untuk menutrisi otak anda, karena mengandung vitamin C, antioksidan serta betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak anda. 

Mendengar kata coklat, mungkin akan membuat anda sedikit menjauh terutama yang takut akan kegemukan, namun dibalik itu semua cokelat mempunyai manfaat lainnya yang luar biasa. Cokelat ternyata juga sangat baik untuk menutrisi otak anda. Cokelat banyak mengandung Flavonoid yang memicu pembentukan sel saraf baru pada otak yang dapat menambah kemampuan menyimpan ingatan dalam memori otak anda. 

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai makan-makanan yang sangat baik untuk otak, saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena sumber makanan tersebut sangat mudah didapat dan harganya tidak begitu tinggi, semoga ibu-ibu yang memiliki anak kecil atau masih mengandung dapat mengkonsumsi makanan di atas (untuk takaran atau porsi atau jumlah yang dikonsumsi dapat berkonsultasi dengan dokter), agar anaknya lahir dengan sehat dan kecerdasan yang tinggi, sehingga kita akan mempunyai generasi penerus yang pintar dan kuat.



Sumber :
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/11/makanan-cerdas-otak.html
http://sehat-online.blogspot.com/2011/01/manfaat-asam-lemak-omega-3.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_unsur_menurut_nama
http://permathic.blogspot.com/2013/04/gandungan-gizi-dan-manfaat-buah-pisang.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar