Selasa, 12 November 2013

Makanan Sehat dan Lezat Di Musim Hujan

Indonesia merupakan negara dengan dua musim yang panjang, yakni musim panas dan musim hujan. Masing-masing musim tersebut berlangsung sekitar enam bulan lamanya, musim hujan biasanya di awali dari bulan September hingga awal februari, ketika musim hujan suhu bumi menjadi dingin menyebabkan kondisi fisik sedikit menurun terlebih Indonesia terkenal dengan Negara yang mempunyai curah hujan yang tinggi. Banyak orang merasakan penurunan kondisi tubuh ketika musim hujan datang, penurunan tersebut berupa mereka mulai merasakan flu, pilek, batuk dan lain sebagainya. 



Lantas bagaimanakah kita menyikapi penurunan kondisi fisik ketika musim hujan tiba, pada dasarnya kondisi fisik sangat dipengaruhi oleh pola makanan yang kita konsumsi tiap harinya. Pola makan yang mengandung banyak protein, gandum utuh dan produk susu rendah lemak ditambah dengan tidur yang cukup, olahraga cukup dan tingkat stress yang rendah bisa meningkatkan sistem imunitas kita. Dan selain itu juga bisa mempercepat proses kesembuhan dari flu dan batuk.

Protein dapat anda peroleh dari banyak sumber makanan, diantaranya telur, ikan dan lain sebagainya. Sedangkan gandum merupakan makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Gandum dapat diklasifikasikan berdasarkan tekstur biji gandum (kernel), warna kulit biji (bran), dan musim tanam. Berdasarkan tekstur kernel, gandum diklasifikasikan menjadi hard, soft, dan durum. Sementara itu berdasarkan warna bran, gandum diklasifikasikan menjadi red (merah) dan white (putih). Untuk musim tanam, gandum dibagi menjadi winter (musim dingin) dan spring (musim semi). Namun, secara umum gandum diklasifikasikan menjadi hard wheat, soft wheat dan durum wheat. Saya yakin anda sudah sangat kenal dengan gandum, karena di Indonesia sangat mudah untuk mendapatkan gandum atau produk berbahan baku gandum. 

Selain makanan di atas ada beberapa makanan lainnya yang baik dikonsumsi saat musim hujan, diantaranya : Buahan ini memang sangat banyak tumbuh di belahan bumi manapun, dengan warna kulit hijau ataupun kuning segar dan daging buah berwarna kuning kemerah-merahan. Dialah buah jeruk yang sangat terkenal tersebut, buah ini banyak mengandung vitamin C, yang salah satu manfaatnya adalah membantu tubuh untuk meningkatkan sel darah putih sehingga memperkuat pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Selain nikmat dan menyegarkan, segelas jus jeruk atau lemon juga akan menjaga kelembaban kulit Anda ketika musim dingin.

Pasti anda pernah menonton film kartun tentang kelinci, dan pasti anda tahu apa yang paling disukai hewan cerdik tersebut. Ya Wortel, jawabannya . Si merah ini mengandung beta-karoten yang merupakan bahan yang hebat untuk sup, makanan rebus dan risotto. Kaya akan vitamin A, wortel bisa menolong melawan flu, batuk dan masuk angin. Wortel juga melindungi kita dari infeksi yang sangat umum terjadi selama cuaca dingin.

Teh hijau dan teh chamomile. Teh hijau adalah antioksidan yang kuat dan memiliki kandung anti-virus dan anti-bakteri. Teh hijau memiliki manfaat seperti menurunkan berat badan karena mampu meningkatkan metabolisme. Teh hijau juga mampu melawan flu karena memperkuat sistem imun. Minuman ini juga bersifat menenangkan sehingga menjauhkan peminumnya dari stress. Minum kurang lebih tiga hingga lima gelas teh hijau setiap hari bisa menjaga daya tahan tubuh Anda. Bahkan teh hijau mempunyai banyak manfaat lainnya, seperti pencegah kanker lambung dan dapat menurunkan berat badan, namun jangan melebihi sepuluh gelas per-hari, mengkonsumsi the hijau lebih dari 10 gelas per hari akan menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit. Mungkin anda masih asing mendengar kata the chamomile, Chamomile adalah sejenis herbal dari keluarga bunga. Baik chamomile segar atau kering, bunganya sudah dijadikan sebagai bahan membuat teh yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Adapun manfaat dari teh chamomile juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan flu dan masuk angin. 

Jamur dikatakan sebagai tumbuhan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jamur melindungi sistem Anda melawan masuk angin dan virus selama musim dingin dan hujan. Jamur putih memiliki kandungan sel-sel pembunuh kuman-sebuah komponen penting dalam sistem imunitas. 

Walaupun mempunyai bau yang khas dan kurang disukai oleh banyak orang, namun bawang putih dikenal sebagai obat alami yang manjur untuk menyembuhkan demam dan masuk angin. Pengobatan Barat telah menganggap bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan level enzim yang menolong hati untuk membersihkan darah dari racun sehingga si putih ini memberikan daya tahan tubuh lebih. Makan bawang putih mentah dianjurkan bila Anda ingin merasakan manfaat penuh. Tapi bila Anda tidak tahan dengan bau dan rasanya, maka Anda tidak bisa memaksanya. 

Dari dahulu kala madu sudah dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh, pada masyarakat suku tertinggal madu dianggap sebagai emas karena manfaat dan khasiatnya tersebut. Selain itu madu dikenal sebagai cara paling aman dan mudah untuk menyembuhkan demam dan masuk angin selama musim dingin. Madu dikenal karena kandungan anti-bakterinya yang membantu melawan bakteri dan virus. Anda bisa mengkonsumsi madu setiap malam sebelum tidur atau campurkan madu ke dalam segelas susu hangat. 

Semangkuk sup panas adalah makanan yang lazim diburu kala musim hujan. Tak hanya menghangatkan, sup yang berisi wortel, daging ayam, daging sapi dan kuah kaldu juga terasa enak dan menambah stamina. Selain sup, Anda mungkin juga bisa menyantap makanan panas dan berkuah lainnya seperti ramen, bakso, atau soto mie, yang berfungsi membuat tubuh mudah berkeringat, suhu tubuh terasa hangat, sehingga mampu menangkal hawa dingin. Namun sebagai informasi tambahan, bagi anda yang tidak ingin kolestrol berlebih, maka dapat membuat sup sayuran yang hanya berisi sayuran saja, dan usahakan tidak menambahkan penyedap rasa ataupun sejenisnya dalam masakan anda, agar tidak terjadi efek samping lainnya dalam jangka waktu yang panjang. 

Terakhir jagalah selalu kebiasaan minum air putih untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Usahakan untuk selalu minum air putih 8 gelas sehari untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda. Demikianlah artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu anda tetap fit dan sehat ketika musim hujan tiba. Jagalah kesehatan anda dengan olahraga yang rutin dan mengkonsumsi makan-makanan yang alami dan bebas bahan kimia, karena sehat itu mudah dan murah. 

Sumber :
http://sukmainspirasi.com/weekly-buzz/item/527-lima-makanan-sehat-di-musim-hujan
http://id.wikipedia.org/wiki/Gandum
http://www.dewimagazine.com/food.travel/news/5.pilihan.menu.sehat.saat.musim.hujan/005/001/245
http://health.kompas.com/read/2013/08/24/1137140/Adakah.Batasan.Minum.Teh.Hijau.Setiap.Hari
http://www.merdeka.com/sehat/4-khasiat-kesehatan-dari-teh-bunga-chamomile.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar