Jumat, 22 November 2013

Daun Pepaya : Si Pahit Yang Berkhasiat

Tidak sulit untuk menemukan buah pepaya di Indonesia, karena hampir di seluruh daerah di negeri ini pohon pepaya dapat tumbuh subur. Pepaya atau dalam bahasa latin carica papaya atau juga disebut betik adalah tumbuhan dari meksiko selatan dan bagian utara dari amerika selatan. Kemudian tumbuhan pepaya menyebar ke seluruh Negara tropis termasuk Indonesia, tumbuhan ini adalah satu-satunya jenis dalam genus carica. Di Indonesia pepaya dibawa oleh penjajah belanja yang diberi nama papaja, kemudian berganti nama menjadi pepaya. 


Tanaman ini termasuk tanaman yang dapat dimanfaatkan keseluruhannya, mulai dari daun, buah, batang dan akar. Walaupun banyak masyarakat hanya memanfaatkan buahnya saja. Perlu diketahui selain memberikan manfaat buah yang manis, segar serta banyak mengandung vitamin C, tumbuhan pepaya juga mempunyai manfaat lainnya, manfaat tersebut lebih difokuskan untuk pengobatan.

Daun pepaya memang pahit rasanya namun dibalik rasa yang pahit tersebut terdapat berbagai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Pada daun pepaya terdapat getah pepaya yang juga dapat kita jumpai pada batang dan buahnya. Getah tersebut mengandung enzim yang bernama papain. Enzim tersebut sejenis protease yang dapat melunakan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Selain mengandung enzim papain, daun pepaya juga mengandung zat-zat lainnya, zat tersebut adalah vitamin A, B1, C, proten, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, air, kalori dan carposide yang berkhasiat untuk obat cacing). 

Setelah tadi kita membahas sedikit mengenai sejarah pepaya, dan juga kandungan vitamin serta zat-zat yang terkandung dalam buah serta daun tumbuhan tersebut, maka kini kita akan lebih fokus pada manfaat daun pepaya untuk kesehatan ataupun pengobatan. Dari berbagai sumber yang kami peroleh dan di-intisarikan, maka ada beberapa manfaat daun yang terkenal pahit tersebut, diantara : 

Manfaat yang pertama adalah untuk memperlancar air susu ibu (ASI), sebuah masalah besar bagi ibu-ibu yang lagi menyusui ketika air susunya tidak lancar. Hal ini tentunya akan berakibat pada kesehatan bayinya, karena kita semua mengetahui ASI sangat diperlukan untuk pertumbuhan fisik dan mental anak. Namun kini kaum ibu-ibu tidak usah khawatir dengan tidak lancarnya air susunya, karena dengan mengambil daun pepaya muda dan diremas kemudian dijemur di atap hingga kering, setelah itu ditempelkan pada sekeliling payudara (kecuali puting) dalam keadaan hangat, dipercaya dapat membantu memperlancar ASI. 

Jerawat memang bikin penampilan kurang enak dipandang atau membuat rasa percaya diri menjadi kurang, Untuk anda yang mempunyai jerawat dapat menerapkan cara berikut ini untuk membuat muka anda kembali bersih dan meningkatnya rasa percaya diri. Ambillah 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua, kemudian dijemur sampai dengan layu lalu dihaluskan. Setelah itu campurkan daun pepaya yang telah dihaluskan tadi dengan 30 cc air bersih.Setelah menjadi masker, gunakanlah sebelum tidur. 

Di dalam daun pepaya mempunyai banyak zat ataupun senyawa, diantaranya adalah karpain. Senyawa ini dapat membantu membunuh mikro organisme yang membuat pencernaan anda tidak lancar, jadi jika anda sedang mengalami gangguan pencernaan maka ada baiknya memakan daun pepaya dalam bentuk tumis daun pepaya atau sejenisnya.

Adakalanya kita mengalami gangguan nafsu makan, gangguan nafsu makan ini sebenarnya bukan karena makanan yang ada tidak enak atau kurang menarik, namun lebih karena adanya gangguan metabolisme tubuh. Ternyata daun pepaya dapat membantu anda menemukan nafsu makan anda kembali, caranya daun pepaya yang masih segar dicampur dengan sedikit garam dan air hangat sebanyak 200 cc, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah halus sempurna, saring dan taruh dalam sebuah gelas, anda bisa menambahkan dua sendok makan madu kemudian diaduk lalu diminum.

Demam berdarah adalah penyakit akut yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebarkan virus dengu. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang mematikan dan telah banyak makan korban jiwa. Penyakit ini sering dijumpai di daerah tropis dan sub-tropis oleh karena itulah di Negara kita sangat sering ditemukan kasus penyakit ini. Sebenarnya ada cara mudah untuk menanggulangi penyakit ini, caranya siapkan daun pepaya lima lembar yang masih muda, kemudian direbus dengan setengah liter air. Rebus hingga airnya tersisa seperempat. Setelah itu taruh dalam sebuah gelas, berilah sedikit garam dan 2 sendok makan madu. Minumlah sebanyak 3x sehari, pagi siang dan menjelang tidur. 

Setelah kita membaca artikel di atas, saya berharap kita lebih dapat memaksimalkan untuk mengkonsumsi daun pepaya, karena begitu banyak kandung vitamin dan zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Jika anda tidak tahan dengan pahit daun pepaya maka konsumsilah daun tersebut dalam bentuk sayur atau sudah dimasak, kombinasikan sayur pepaya dengan petai, teri, tahu atau tempe ketika anda memasak daun pepaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang sumber kesehatan yang mudah dan murah di dapat, bukankah sehat itu hak kita semua dan bukankah sehat itu mudah dan murah. 

Sumber : 
http://www.artikelkesehatan99.com/7-manfaat-daun-pepaya/
http://manfaatdankandungan.blogspot.com/2013/04/manfaat-dan-kandungan-daun-pepaya.html http://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya 
http://id.wikipedia.org/wiki/Demam_berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar