Selasa, 05 November 2013

Tujuh Langkah Mudah Menghindari Kegemukan

Saya yakin apabila bila setiap manusia akan sangat menghindari hal yang bersifat berlebihan, termasuk juga berlebihan dalam hal berat badan atau yang sering disebut dengan kegemukan, karena ada beberapa efek negatif akibat kegemukan untuk anda, efek tersebut memang harus diakui berpengaruh terhadap aktivitas atau kinerja anda sehari-hari. 

Dalam beberapa referensi yang ada, ada banyak masalah yang akan ditimbulkan dari kegemukan, baik masalah jangka pendek maupun masalah jangka panjang, sebelum kita membahas efek negatif dari kegemukan, akan jauh lebih baik jika kita mengetahui arti dari kegemukan tersebut secara ilmiah sehingga tidak terjadi kesalahan dalam hal mengintrepretasikan. Menurut wikipedia Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Seseorang dianggap menderita kegemukan (obese) bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter lebih dari 30 kg/m2. 

Kegemukan meningkatkan peluang terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker tertentu, dan asma. Kegemukan sangat sering disebabkan oleh kombinasi antara asupan energi makanan yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan kerentanan genetik, meskipun sebagian kecil kasus terutama disebabkan oleh gen, gangguan endokrin, obat-obatan atau yang lainnya.

Hanya sedikit bukti yang mendukung pandangan bahwa orang yang gemuk makan sedikit namun berat badannya bertambah karena metabolisme tubuh yang lambat; rata-rata orang gemuk mengeluarkan energi yang lebih besar dibandingkan orang yang kurus karena dibutuhkan energi untuk menjaga massa tubuh yang lebih besar. Berikut ini akan diberikan sebuah informasi mengenai tujuh kebiasaan yang membuat anda anda bisa mengalami kegemukan, kebiasaan ini mungkin tidak anda sadari bahkan sering anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, jadi saya berharap anda dapat menghindari kebiasaan ini : 

Bagi anda yang sering begadang atau tidur larut malam, maka mulai saat ini anda haru hindari kebiasaan tersebut, karena dapat mengakibatkan anda mengalami kegemukan. Perhatikan jam tidur Anda, kurang tidur dapat membuat gemuk,. Menurut penelitian, kurang tidur memperlambat metabolisme Anda sekitar 5-20 persen. Sehingga mengubah kadar hormon yang mengatur rasa lapar dan akan membuat Anda lapar sepanjang hari. Tanpa disadari ini akan membuat Anda makan lebih banyak, dan dapat diketahui hasilnya jika anda makan melampaui kebutuhan tubuh.

Di era serba cepat dan praktis seperti saat ini sudah banyak beberapa restoran yang memberikan kemudahan agar Anda bisa membeli makanan tanpa turun dari mobil. Dengan begitu sudah pasti Anda akan memesan makanan tanpa memperhatikan jumlah kalori. Kebiasaan ini akan membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya dalam sekali waktu. Jika memang Anda berencana melakukan perjalanan jarak jauh, sediakan makanan sehat di dalam mobil dan botol air minum agar lapar bisa diatasi tanpa makan berlebihan. 

Mungkin untuk point satu ini Anda sudah sering mendengar atau membacanya, paragraph berikut ini harus anda baca dan pahami terutama bagi anda yang suka makan di depan tv sambil menikmati acara di televisi. Saat makan, sebaiknya Anda gunakan meja makan dan fokus terhadap makanan. Makan di depan TV tanpa disadari akan membuat Anda makan lebih cepat. Otak membutuhkan waktu untuk 'berkomunikasi' saat Anda sudah kenyang. Jika Anda terdistraksi oleh TV, maka Anda tidak mengenali sinyal tersebut dan akan terus makan.

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang jadwal makanan dalam sepuluh hari yang biasa dibuat oleh ibu rumah tangga, selain bermanfaat untuk mengurangi kebosanan dalam menyantap hidangan sehari-hari, jadwal makanan tersebut juga mempunyai manfaat lainnya, Buatlah beberapa variasi makanan sehat per minggu atau persepuluh hari. Jika Anda hanya makan makanan yang sama, misalnya terus menerus sayur tertentu setiap hari, bukan tidak mungkin di akhir pekan Anda akan melakukan 'balas dendam' dan makan makanan tak sehat secara membabi buta. 

Bagi anda yang suka makan bersama teman-teman se-kampus atau se-kantor, maka cermatilah alenia berikut ini, sehingga anda terhindar dari kegemukan.Makan bersama teman memang menyenangkan, namun jika ia tidak terbiasa makan makanan sehat dan Anda terpaksa mengikutinya, bisa jadi Anda justru akan ikut tak sehat. Sebisa mungkin lakukan pemesanan makanan terlebih dahulu agar Anda tak memiliki peluang untuk mengikuti apa yang ia pesan. 

Tidak jauh beda dari alenia di atas, tanpa disadari jika Anda janji bertemu dengan seseorang di kafe, maka Anda akan memesan segelas minuman atau bahkan camilan lain. Oleh sebab itu, buatlah janji bertemu di tempat lain yang tidak mengharuskan Anda untuk memesan makanan atau minuman, misalnya seperti toko buku. 

Terakhir hal yang anda harus hindari jika tidak ingin mengalami kegemukan adalan sebagai berikut. Memesan makanan yang kemudian datang dalam porsi besar seringkali membuat Anda terpaksa untuk menghabiskannya dan merasa bersalah jika ada sisa di piring. Meskipun menanyakan porsi terkesan cerewet, namun langkah ini penting untuk menjaga porsi tetap sesuai kebutuhan Anda. Jika porsinya memang pas, maka Anda akan bisa makan tanpa khawatir kegemukan. 

Demikianlah artikel yang di-intisarikan dari berbagai referensi, semoga kesehatan tubuh anda dapat selalu terjaga sehingga aktivitas anda tidak terganggu dan kebahagiaan pun dapat anda raih dalam indahnya kehidupan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kegemukan 
http://health.detik.com/read/2013/11/04/130052/2403223/1410/8/jangan-remehkan-7-kebiasaan-ini-diam-diam-bisa-bikin-gemuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar