Minggu, 24 November 2013

Pola Hidup Sehat Di Musim Hujan

Semakin mendekati akhir tahun maka intensitas hujan semakin tinggi saja, hampir di semua provinsi di negeri merasakan hal yang sama. Hal ini tentunya membawa sebuah perubahan pada kondisi fisik kita semua, perubahan tersebut lebih tepatnya adalah sebuah penurunan kondisi fisik akibat musim hujan yang mulai memasuki puncaknya. Menurut dr. Irsyal Rusad SpPD MH. seorang internist, pengasuh kesehatan Kompas Health mengatakan “memang cuaca pasti berpengaruh pada ketahanan tubuh seseorang. Namun besarnya pengaruh tidaklah sama, bergantung status kesehatan pada saat itu”. 

Status atau kondisi kesehatan yang baik sudah dapat dipastikan dapat menghalau efek buruk datangnya musim hujan, namun jika status atau kondisi kesehatan yang buruk akan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh sehingga muda sakit, akan tetapi dr. Irsyal mengatakan bahwa tidaklah sulit untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 


Oleh karena itulah makan pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai pola hidup yang baik ketika musim hujan tiba, dengan menerapkan pola hidup yang sehat tersebut dapat meningkatkan imunitas kita dan membuat kita tidak gampang sakit walaupun musim hujan sedang berada di puncaknya. 

Hal yang terpenting dalam menjaga kondisi fisik ketika musim hujan tiba adalah menjaga keseimbangan asupan nutrisi, jam kerja, istirahat dan olahraga yang teratur. Konsumsi buah dan sayuran dalam posrsi yang besar selama musim hujan adalah salah satu kunci utama untuk pola hidup sehat pada musim hujan ini. Buah dan sayur tersebut cukup diolah dalam bentuk yang sederhana dan konsumsi sebanyak 5 kali sehari. Hal ini membuat asupan vitamin dan mineral ke dalam tubuh anda sudah lebih dari cukup, selain itu juga sebagai anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Hal yang kedua yang perlu diperhatikan selain meningkatkan mengkonsumsi buah dan sayur adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein lemak dan karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh. Di Indonesia sumber makanan yang mengandung lemak dan protein sangatlah banyak dan sangat mudah untuk didapat, makanan tersebut di antaranya adalah ikan, telor, tahu, tempe dan kacang-kacangan.Makanan-makanan tersebut akan sangat baik jika diolah atau disajikan dalam bentuk berkuah sehingga membuat tubuh anda akan selalu hangat dan tentunya hal ini membuat anda akan nyaman ketika beraktivitas di musim hujan ini. 

Memang tidak dapat dipungkiri, ketika musim hujan tiba membuat rutinitas olaharaga anda agak sedikit terganggu, terlebih bagi anda yang suka melakukan olahraga di luar ruangan seperti jogging. Namun bukan berarti anda harus menghentikan atau mengurangi intensitas kebiasaan baik anda tersebut karena dengan olahraga membuat tubuh anda mendapatkan cukup aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Solusi agar anda tetap bisa berolahraga pada musim hujan ini adalah dengan mengubah jenis olahraga anda, mungkin sebelumnya ada terbiasa olahraga di luar ruangan seperti jogging maka pada musim hujan ini sebaiknya anda mencoba olahraga di dalam ruangan. Ada beberapa jenis olahraga dalam ruangan yang mudah untuk dilakukan namun tetap memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan anda. 

Jenis olahraga yang pertama adalah push up, hanya membutuhkan ruangan yang kecil dan gerakan yang sederhana namun akan membuat anda tetap sehat bugar setiap hari. Gerakan berikutnya adalah free squat, teknis gerakan olahraga ini adalah berdiri dengan membuka kaki lebar-lebar, lalu taruh tengah lurus ke depan. Kemudian gerakan tubuh ke bawah seakan hendak duduk lalu tarik lagi. Saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan gerakan sit up, gerakan ini sangat baik untuk membuat anda lebih bugar dan sehat, untuk menghasilkan gerakan sit up yang sempurna ada baiknya alaslah tubuh anda dengan matras atau sejenisnya. 

Gerakan selanjutnya adalah burpee, cara melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri, kemudian letakan tangan di atas lantai, setelah itu berdirilah dengan gerakan melompat. Gerakan burpee ini akan sangat baik apabila dilakukan dengan gerakan yang cepat dan hitungan untuk mempermudah irama. Terakhir lakukanlah lari di tempat, gerakan ini akan lebih berasa seperti di lapangan ketikan anda mengakat tinggi kaki dan tangan anda pada saat lari ditempat. Gunakan pengukur waktu untuk mengetahui batas maksimal fisik anda, hal ini dikarenakan jangan sampai gerakan ini membuat efek samping yang negative terhadap tubuh anda seperti kelelahan dan lain sebagainya.

Istirahat yang cukup adalah salah satu kunci pola hidup sehat di musim hujan, karena fungsi istirahat adalah untuk memberikan waktu bagi tubuh beregenerasi dan membentuk sel yang baru. Sehingga sel-sel yang telah mati dapat tergantikan dengan beristirahat. 

Menjaga cairan dalam tubuh adalah sebuah hal yang baik dilakukan ketika musim hujan tiba, karena pada musim hujan keringat tidak dapat menguap dengan cepat dan menyebabkan kelembapan tubuh tinggi. Hal ini otomatis mencegah tubuh mengeluarkan panas, sementara cairan tubuh tidak akan sama kestabilannya seperti musim panas atau kemarau.Solusinya adalah selalu membawa sebotol air setiap harinya dan menghindari minum minuman berkarbonasi, walaupun ingin minum selain air putih ada baiknya minum-minuman hangat seperti jahe dan lain sebagainya. 

Pada saat musim hujan ini memang sangat rentan akan penyakit, salah satunya adalah demam berdarah, hal ini disebabkam ketika musim hujan tiba maka genangan air akan semakin banyak, sementara genangan air tersebut merupakan tempat berkembang baiknya nyamuk DBD. Oleh karena itu kita harus membersihkan tempat-tempat yang dapat dijadikan tempat berkembang baiknya nyamuk tersebut dan mengubur semua kaleng-kaleng bekas dan sejenisnya yang dapat menampung air ketika musim hujan tiba.

Demikianlah artikel tentang pola hidup sehat ketika musim hujan tiba ini saya sajikan sebagai informasi yang dapat membantu anda tetap sehat dan bugar di musim yang rentan akan penyakit ini, saya berharap artikel ini bisa memberikan informasi tambahan terhadap artikel sebelumnya yang berjudul makanan sehat ketika musim hujan. Saya sangat yakin bahwa sehat itu mudah dan murah jadi semua orang bisa sehat dan aktivitas sehari-hari menjadi lancar. 

Sumber : 
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/10/18/867/Tips-Menjaga-Kesehatan-Tubuh-Selama-Musim-Hujan
http://makassar.tribunnews.com/2013/11/01/musim-hujan-jaga-imunitas-dan-pola-hidup-sehat http://www.merdeka.com/sehat/5-olahraga-ringan-di-dalam-ruangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar