Jumat, 29 November 2013

Manfaat yang Terpendam Dalam Olahraga Berjalan Kaki

Aktivitas olahraga yang satu ini adalah aktivitas olahraga yang sangat sederhana, mudah dilakukan, tidak butuh waktu yang lama ataupun tidak membutuhkan peralatan yang mahal untuk melakukannya, namun manfaatnya sangat besar untuk kebugaran dan kesehatan kita. Olahraga tersebut adalah berjalan kaki. Kenapa kami menggolongkan berjalan kaki sebagai olahraga, karena pada dasarnya olahraga mempunyai pengertian aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya jasmani tapi juga secara rohani (misalkan catur). Sementara menurut referensi lain menyebutkan olahraga adalah suatu aktivitas untuk menyehatkan diri dari luar maupun dari dalam atau lebih dikenal dengan sehat jasmani dan rohani. Dari dua pengertian tentang olahraga di atas, maka jelaslah sudah kalau berjalan kaki termasuk olahraga. 

Olahraga berjalan kaki sangat baik dilakukan di pagi hari, alasannya adalah karena udara masih sangat segar di pagi hari dan baik untuk kesehatan pernafasan. Namun banyak diantara kita malas melakukan olahraga berjalan kaki di pagi dengan alasan masih mengantuk ataupun takut cuaca dingin dan lain sebagainya, dan memilih melanjutkan tidurnya.

Seorang peneliti bernama Geoff Nicholson dalam bukunya Lost Art Of Walking, mengutarakan tentang manfaat yang akan diperoleh dari berjalan kaki. Manfaat yang diperoleh itu bukan manfaat fisik, namun juga manfaat lainnya, seperti manfaat psikologis dan juga manfaat sosial. Siapa sangka aktivitas yang sederhana ini mempunyai manfaat yang luar biasa dari berbagai aspek, diantaranya : Dari segi kesehatan, olahraga berjalan kaki adalah satu satu cara yang ampuh untuk mengelola berat badan, mengontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkena serangan stroke, kanker payudara, diabetes dan penyakit lainnya yang sering menyerang masyarakat akhir-akhir ini. Dan bagi anda yang mampu berjalan cepat, maka berjalan cepat sangat baik untuk memperpanjang umur, menurunkan resiko depresi dan meningkatkan mood maupun bahagia, jadi bagi anda yang sering galau maka ada baiknya mencoba berjalan cepat. Menurut Beth Israel Medical Center, rumah sakit yang berafiliasi dengan Harvard, menyatakan berjalan kaki menurunkan kadar total kolestrol dan meningkatkan high-density (HDL) atau kolestrol baik. Tentunya ini merupakan kabar gembira bagi anda yang mempunyai permasalahan kolestrol, anda tidak perlu diet yang sulit, cukup rajin berolahraga berjalan kaki maka kolestrol anda akan normal, namun tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin. 

Dari sumber lain menyatakan kalau manfaat berjalan kaki secara fisik adalah untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis dalam tubuh. Karena tidak hanya dengan rajin mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D saja, tetapi juga diperlukan gerak tubuh badan secara menyeluruh seperti berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah atau 3km perhari dan di bawah sinar matahari pagi.

Masih dari referensi yang berbeda, menyebutkan kalau penyakit jantung dapat diatasi dengan berjalan kaki. Berjalan kaki secara rutin di pagi dan sore hari dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung. Berjalan kaki lebih dapat memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung dan ini sangat baik bagi kinerja jantung karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bigar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan kondisi seperti ini maka oksigen yang dibutuhkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal. 

Bagi anda yang terkena diabetes atau kencing manis tipe 2, maka dapat mencoba berjalan kaki sebagai terapinya. Berjalan kaki yang dinyatakan mampu mencegah diabetes adalah dengan kecepatan 6km/jam dan dilakukan selama 50 menit (study dari National Institute of Diabetes and Gigesive & kidney Diseases).

Kembali ke penelitian yang dilakukan Geoff Nicholson, selain memberi manfaat untuk fisik, olahraga berjalan kaki juga baik untuk menjaga kebugaran mental. Dari sisi psikologis, olahraga ini memberi kesempatan untuk menjernikan pikiran, memecahkan masalah dan mengurangi stress. Jika anda membutuhkan sebuah hal yang sifatnya relaksasi maka pilihlah olahraga berjalan kaki sebagai solusinya ataupun sebagai sarana meditasi. 

Tidak hanya memberi manfaat di bidang fisik dan psikis saja, olahraga berjalan kaki mempunyai manfaat lainnya. Berjalan kaki bersama teman atau rekan akan semakin mempererat hubungan silaturahmi. Dan akan membuat anda merasa lebih hidup dengan komunitas sosial yang sangat interaktif.

Dari artikel yang terdiri dari beberapa alenia di atas, maka bisa disimpulkan bahwa olahraga berjalan kaki mempunyai banyak manfaat yang begitu luar biasa, berjalan kaki bisa dengan kecepatan standar atau dengan lebih cepat tergantung kebutuhan masing-masing. Namun dibalik itu semua olahraga berjalan kaki sangat baik anda lakukan agar tetap sehat dan bugar, lakukan secara rutin di pagi dan sore hari. Tidak hanya memberi manfaat secara fisik namun berolahraga berjalan kaki memberikan manfaat pada aspek lainnya, seperti aspek psikis, mental dan sosial. Terakhir saya mengucapkan selamat berolahraga berjalan kaki, dan semoga kesehatan selalu anda miliki, bukankah sehat itu mudah dan murah. 

Sumber :
http://www.constiti.com/2013/05/manfaat-jalan-kaki-bagi-kesehatan.html
http://www.readersdigest.co.id/sehat/olah.tubuh/jalan.kaki.dan.manfaat.hebatnya/005/003/96 http://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga
http://olaharagabagikesehatanjasmani.blogspot.com/2013/06/pengertian-olahraga-secara-umum-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar