Rabu, 20 November 2013

Manfaat Dan Efek Negatif Kopi Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal kopi, di tengah kontroversinya kopi tetap menjadi komoditi ekspor atau impor bagi sebuah negara. Selain itu juga kopi merupakan minuman semua lapisan masyarakat, mulai dari pejabat tinggi hingga rakyat biasa. Berbicara mengenai sejarahnya, Kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar. 

Setelah tadi kita membahas mengenai sedikit sejarah kopi, maka hari ini kita akan membahas lebih mendalam mengenai manfaat kopi dan dampak negatif dari si hitam yang luar biasa ini terkenal ini. Sebagai manusia yang beragama tentunya kita harus menyakini bahwa semua yang hidup di muka bumi ini adalah pasti ada manfaatnya untuk manusia, namun semuanya itu harus dinikmati sesuai dengan porsinya atau tidak berlebihan.

Baiklah, pertama-tama kita akan membahas mengenai manfaat kopi bagi kesehatan manusia. Ternyata setelah saya mencari dari berbagai referensi yang ada, kopi mempunyai sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia mulai dari untuk penyembuhan sakit kepala hingga untuk hal lainnya yang lebih besar. Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat. 

Sedangkan Studi atas 4.197 wanita serta 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat serupa tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein. Hampir senada dengan alenia di atas, menurut penelitian tentang kopi yang bertempat di Harvard, mengumumkan bahwa untuk seorang wanita yang mau minum kopi sekitar 2 -3 cangkir per-hari, berarti mereka telah mengurangi risiko terkena serangan batu ginjal sebesar 25% Penelitian ini dikuatkan oleh penelitian yang tersebar di dunia lainnya. 

Selain itu juga, dalam penelitian yang lain, kopi juga berfungsi menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe II hingga 50%. Dengan mengkonsumsi beberapa cangkir kopi dalam sehari ternyata juga bermanfaat untuk menjauhkan diri agar tidak terserang penyakit diabetes tipe 2, hal ini didasari oleh kandungan Asam Klorogenik yang terdapat dalam kopi. Kandungan Asam Klorogenik berfungsi memperlambat penyerapan kadar gula pada sistem pencernaan tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk membantu proses pembentukan GLP-1, zat kimia GLP dapat meningkatkan insulin dalam tubuh. 

Mendengar kata kanker saya yakin membuat anda merinding, hal ini tentunya sangat beralasan karena kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia, namun menurut beberapa riset yang dilakukan secara konsistens menginfokan bahwa meminum kopi sekitar 2-3 cangkir per-hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker, adapun penyakit kanker yang dapat tereliminasi adalah kanker hati, kanker usus besar dan kanker yang terjadi pada wanita.

Stroke adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang merusak atau mematikan sel-sel saraf otak. Kematian jaringan otak juga dapat mengakibatkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Itulah tadi sekilas info mengenai apa itu stroke, di Indonesia penyakit ini lamban laun menjadi pembunuh yang sangat ditakuti, namun anda tidak usah khawatir karena dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi secara rutin 2-3 cangkir kopi sehari dapat mencegah risiko terkena stroke. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada sekitar 83.000 wanita di seluruh dunia, bahwa wanita yang berusia 24 tahun ke atas dapat meminimalisir risiko terkena stroke hingga 19% hanya dengan mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi per hari.

Itulah tadi sedikit dari manfaat kopi yang sudah dibahas, saya yakin masih banyak lagi manfaat kopi lainnya, namun karena keterbatasan waktu maka manfaat lainnya akan kita bahas pada kesempatan lainnya. Yang jelas minumlah kopi tidak melebihi 3 cangkir per hari, dan lakukanlah pola hidup sehat (silahkan cek artikel sebelumnya) dan jangan lupa perbanyak olahraga dan minum air putih. Tidak adil rasanya jika kita hanya membahas manfaat kopi untuk kesehatan, oleh karena itu maka akan kita bahas juga mengenai dampak negatef dari si hitam yang terkenal tersebut.

Kandungan yang terdapat dalam kopi adalah kafein, kafein ini berdampak pada sistem kardiovaskuler tubuh, sebagai contoh adalah peningkatan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah jika akan mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak. bagi anda yang mengalami masalah pada gigi, seperti karang gigi, gigi berlubang dan gigi kuning sebaiknya mengurangi konsumsi kopi, karena karena kopi dapat menyebabkan masalah pada gigi anda. Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebih dapat meningkatkan asam lambung dan meningkatkan kegelisahan pada diri, sehingga orang yang mengalami paranoid sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi.


Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan efek negatif kopi, semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam menjaga kesehatan tubuh dan satu hal yang harus diingat adalah mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang ideal akan membuat anda terhindar dari beberapa efek negatif kopi, bukankan sehat itu mudah dan murah.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_kopi http://trik-tips-sehat.blogspot.com/2013/08/manfaat-bahaya-kopi-untuk-kesehatan.html
http://nge-posting46.blogspot.com/2013/03/kandungan-gizi-dan-manfaat-kopi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar