Kamis, 07 November 2013

Makanan Sehat Untuk Mata Di Era Komputerisasi



Di tengah kehidupan yang bersifat komputerisasi seperti sekarang ini, memaksa kita untuk  mengenal lebih dekat dengan yang namanya layar monitor komputer, bahkan anak-anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak juga sudah sangat dekat dengan yang namanya komputer, baik itu dalam bentuk lap-top, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya mempunyai beberapa dampak terhadap kelangsungan kehidupan kita semua, di satu sisi pekerjaan ataupun tingkat intlektual masyarakat makin tinggi namun di sisi lainnya membawa sebuah efek negative terhadap bola mata kita, akhir-akhir ini semakin banyak keluhan yang dirasakan manusia terhadap matanya, baik itu cepat lelah, mata kering dan lain sebagainya.



Sebagai manusia yang bijaksana, tentunya kita tidak akan pernah mau menyalahkan teknologi komputer sebagai penyebab terjadinya beberapa keluhan mata, melainkan kita akan cari solusi untuk membuat mata kita lebih bisa bertahan di tengah era komputerisasi dan menjadi sehat selalu tanpa adanya keluhan sedikitpun.

Pada Kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa sumber makanan yang dapat membuat mata anda sehat selalu dan terhindar dari beberapa keluhan mata seperti yang di atas, dan sekali lagi, kita pastikan sumber makanan tersebut adalah sumber makanan yang bisa atau mudah diperoleh di pasaran tradisional dengan harga yang terjangkau, karena sehat itu mudah dan murah.

Sumber makanan pertama adalah telur.  Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.  Meski kandungan lutein dan zeaxanthin dalam telur lebih sedikit daripada pada sayuran hijau, tapi fitokemikal ini lebih gampang diserap tubuh karena berada dalam lemak di kuning telur.

Bayam Sama halnya seperti telur, bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga mampu mencegah glaukoma. Walaupun lutein dan zeaxanthin pada telur lebih mudah diserap tubuh dari pada tumbuhan hijau termasuk bayam, namun mengkonsumsi bayam mempunyai manfaat tambahan lainnya, seperti melawan kanker, sumber anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,  menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah Osteoporosis, mencegah diabetes, mencegah anemia, mengobati pendarahan di gusi.

Saya yakin banyak dari kita tidak begitu suka dengan bau bawang putih, namun dibalik aromanya yang khas bawang putih mengandung zat yang begitu bermanfaat untuk mata, zat tersebut adalah  selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.

Sesuai dengan tema di atas, sehat itu mudah dan murah, maka kami berusaha mencari informasi mengenai makanan yang murah dan mudah di dapatkan dan membuat khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain Salmon, Ikan lele dan belut juga merupakan sumber omega 3 yang baik. Selain itu, ada telur dan kacang kedelai yang cukup mudah didapatkan. Makanan ini mengandung lebih banyak omega-3 dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Sebuah studi membuktikan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering.

Semua tentu tahu wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk mata. Wortel juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas. Dan satu hal yang paling menggembirakan adalah wortel bisa dikonsumsi dalam segala macam bentuk, baik dibuat jus, sup ataupun dimakan mentah, semua berkhasiat untuk mata.

Anda pasti sangat kenal bahkan menyukai buah yang satu ini. Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Setiap porsi buah ini mengandung sekitar 250 mg kolesterol baik. Termasuk asam lemak omega 3, 6 dan 9. Jadi jangan takut dengan lemak yang terkandung dalam buah alpukat. Selain itu Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dari buah lainnya. Lutein penting untuk mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten untuk membentuk vitamin A sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai manfaat ganda, yaitu sebagai buah dan sayur. Tanaman tomat banyak dikonsumsi sebagai buah karena rasanya enak, segar serta kaya akan nilai gizi. Selain baik untuk kesehatan kulit, tomat  juga punya banyak manfaat untuk mata. Tomat kaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata. Sebagai informasi tambahan untuk anda semua teryata buah dengan warna merah lebih banyak mengandung vitamin A dan vitamin C lima kali lebih banyak daripada buah berwarna hijau.

Tidak lengkap rasanya jika anda sedang membuat sup tidak menambahkan satu jenis sayuran ini, sayuran tersebut adalah kol. Kol Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%.


Sumber :

https://www.optikmelawai.com/eye_info/10-makanan-terbaik-untuk-mata/596/
http://health.kompas.com/read/2013/09/02/1415478/Kenali.Kandungan.Gizi.dalam.Telur
http://permathic.blogspot.com/2013/04/kandungan-gizi-dan-manfaat-bayam.html
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/sumber-makanan-yang-mengandung-omega-3.html
http://www.tanijogonegoro.com/2013/05/manfaat-tomat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar